Nurdin Tampubolon Minta Pemerintah Samakan Perlakuan Bagi Industri Penyiaran dengan Persaingan Sehat dan Berkeadilan

Nusantaratv.com - 01 November 2021

Ketua Dewan Pembina ATSDI Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, MM.
Ketua Dewan Pembina ATSDI Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, MM.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Asosasi Televisi Siaran Digital Indonesia (ATSDI) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada 1-3 November 2021, di Grand Sunshine Resort & Convention, Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Rakornas ATSDI 2021 dengan tema 'Era TV Digital dan Bangkitnya Ekonomi Kreatif' ini memiliki arti istimewa bagi seluruh insan pertelevisian digital di Tanah Air.

Hadir sebagai pembicara, Ketua Dewan Pembina ATSDI Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, MM., meminta pemerintah untuk menyamakan perlakuan bagi industri penyiaran di Indonesia dengan persaingan sehat dan berkeadilan.

"Bagaimana kita menumbuhkan para anggota ATSDI agar dapat berdaya saing dan bersiaran dengan biaya yang tidak terlalu tinggi, tetapi memberikan impact profesionalitas, baik dalam penyiaran maupun dalam aspek dukungan pemerintah serta bisnis yang dapat memperlancar kelangsungan penyiaran digital," kata pria yang juga Tim Ahli Wakil Presiden (Wapres) itu secara daring, Senin (1/11/2021).

Menurutnya, dibutuhkan dukungan swasta secara luas, serta menumbuhkan persaingan yang sehat, sehingga perubahan ke arah yang lebih baik menjadi keharusan di masa depan.

"Kita tinggalkan model-model lama, dan menghadirkan tradisi baru yakni persaingan sehat dan berkeadilan dimana pemerintah mengatur fungsi dan kebijakan yang akan dilakukan untuk semua pelaku di industri penyiaran dimana mereka harus diperlakukan sama," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, politis senior ini juga mengapresiasi pelaksanaan Rakornas ATSDI 2021. "Saya sebagai Ketua Dewan Pembina merasa bangga melihat aktivitas yang dilakukan oleh para pengurus harian ATSDI dalam Rakornas ini. Sehingga Rakornas seperti ini akan dilakukan secara berkelanjutan guna meningkatkan profesionalitas, transparansi yang terukur, dan kebijakan-kebijakan yang adil dari pemerintah untuk tumbuhnya penyiaran-penyiaran baru," ungkapnya.

Lebih lanjut, pengusaha sekaligus pemilik Nusantara TV itu mengatakan, ATSDI berkewajiban membuat seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati siaran televisi digital dengan kualitas yang gambar bagus. ATSDI, kata dia, juga diharapkan mengawal digitaliasi berjalan tepat waktu demi meningkatkan ekonomi sehingga bisa bersaing secara global.

"Tugas kita adalah bagaimana seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati siaran televisi digital dengan kualitas gambar yang bagus dan dengan harga yang murah, sehingga pertumbuhan ekonomi akibat penyiaran dengan biaya tidak terlalu tinggi ini akan menjadi multiplier effect dalam meningkatkan perekonomian di daerah. Dengan demikian, akan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat," tukas Nurdin Tampubolon. 
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])