Nggak Lama Lagi China Pakai Yuan Digital

Nusantaratv.com - 06/01/2022 07:06

Yuan. (Net)
Yuan. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - China sedang mengembangkan yuan digital. China pun meluncurkan aplikasi dompet untuk yuan digital. Langkah China mengembangkan yuan digital tercium ke publik pada tahun 2020 lalu. 

Ketika itu, tangkapan layar mata uang virtual China tersebut bocor. Bocornya tangkapan layar itu diyakini sebagai pertanda pengembangan yuan digital sudah semakin matang dan bakal siap diluncurkan secara resmi.

Dikutip dari South China Morning Post (SCMP), diketahui bahwa tangkapan layar mata uang virtual China itu didapat dari uji aplikasi seluler yang dikembangkan oleh salah satu bank terbesar milik China yakni Agricultural Bank of China. Kendati demikian, belum ada jadwal resmi kapan yuan digital tersebut siap diluncurkan.

Merespons bocornya gambar Yuan digital ke publik, Lembaga Penelitian Mata Uang Digital, People's Bank of China (PBOC) selaku pengawas pengembangan proyek ini enggan mengomentari tangkapan layar uang digital China tersebut. Pasalnya, hanya mereka yang tahu bagaimana bentuk asli mata uang digital tersebut dan hanya mereka pula yang berhak meluncurkan versi akhirnya.

Tak lama, China pun melakukan uji coba. Uji coba itu dilakukan dengan membagikan 10 juta yuan. Pemerintah China menggelar undian untuk membagikan yuan digital tersebut. Hampir 2 juta orang mendaftar undian, dan sebanyak 50.000 orang memenangkannya.

Para pemenang undian dapat mengunduh aplikasi renminbi digital untuk menerima yuan digital dan membelanjakannya di lebih dari 3.000 merchant di wilayah tertentu di Shenzhen.

Selanjutnya, ATM yuan digital ini pun diluncurkan. Nasabah Agricultural Bank of China wilayah Shenzen pun mulai menukarkan uang dari angpao ke yuan digital.

Dengan diluncurkannya ATM tersebut, nasabah dapat menyetor dan menarik yuan digital melalui aplikasi handphone pintar dan mengonversi uang tunai serta tabungan ke mata uang digital.

Manager Digital Yuan Innovation Lab Zou Hua mengungkapkan mesin ATM ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk beradaptasi dengan uang digital.

"Agricultural Bank of China saat ini memimpin dan meluncurkan fitur setor dan tarik tunai di ATM agar bisa membantu penduduk Shenzhen beradaptasi dan mempelajari layanan digital ini," kata dia dikutip dari asiatimes.com.

Terkini, Bank sentral China telah meluncurkan versi percontohan aplikasi dompet untuk yuan digital. Dengan demikian, penggunaan uang digital akan semakin luas.

Dikutip dari CNBC, Rabu (5/1/2022), aplikasi ini tersedia di toko Android China dan Apple. Hal itu memungkinkan orang untuk membuka dompet yuan digital dan membelanjakan uangnya.

Yuan digital atau e-CNY adalah versi digital dari mata uang China dan telah dibuat sejak tahun 2014. Uang ini bukanlah kripto seperti bitcoin. Yuan digital sendiri dikeluarkan dan dikendalikan oleh Bank Sentral China.

Sejauh ini, China telah melakukan sejumlah uji coba dalam bentuk lotere di mana pengguna di kota-kota tertentu telah diberikan sejumlah kecil mata uang digital untuk dibelanjakan. Beberapa ritel, seperti e-commerce JD.com telah menerimanya sebagai pembayaran dalam satu tahun terakhir.

Meski begitu, yuan digital belum secara resmi diluncurkan secara nasional.

Aplikasi baru ini memungkinkan pengguna di 10 area termasuk kota besar Shanghai dan Beijing untuk menggunakannya. Sebelumnya, hanya pengguna tertentu yang dapat menggunakan aplikasi berdasarkan undangan.

Menurut pemberitahuan di aplikasi, area Olimpiade Musim Dingin Beijing adalah salah satu tempat yuan digital dapat digunakan. Olimpiade Musim Dingin yang berlangsung tahun ini di ibu kota China telah menjadi salah satu acara yang ditargetkan Bank Rakyat Tiongkok untuk membawa yuan digital.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in