New Mazda Carol, Mobil Kembar Identik Suzuki Alto di Jepang

Nusantaratv.com - 25 Desember 2021

Mazda Carol Hybrid. (Carscoops)
Mazda Carol Hybrid. (Carscoops)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Mazda meluncurkan kendaraan New Carol yang merupakan generasi ke delapan. Mobil Kei Car ini dihadirkan dengan powertrain hybrid ringan.

Dikutip dari Carscoops, Sabtu (25/12/2021), nama Carol telah melekat pada mobil mungil Mazda sejak 1962, dan kendaraan ini menjadi city car pertama Mazda, sejak 1980. 

Saking terkenalnya, Carol saat ini ikut diproduksi oleh Suzuki sebagai versi rebadged dari Alto. Sejak generasi baru Alto memulai debutnya bulan lalu, kini giliran Carol untuk menerima pembaruan. 

Itu sebabnya, tidak mengherankan, kedua model terlihat identik. Selain lencana dan trim krom kecil di wajah Suzuki Alto yang tak sama dengan Mazda Carol. New Mazda Carol mewarisi gaya boxy slash cute dengan dimensi ringkas dari Alto.

Mobil ini, secara dimensional berukuran panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.525 mm, dengan jarak sumbu roda 2.460 mm. Mazda mengumumkan tiga trim level Carol, yaitu GL, Hybrid GS, dan Hybrid GX.

Yang pertama hanya mobil bermesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE), dengan mesin bensin tiga silinder 660cc yang menghasilkan 48HP. Tenaga dikirim ke depan (2WD) atau ke keempat roda (4WD) secara eksklusif melalui gearbox CVT.

Varian hybrid menambahkan generator starter terintegrasi (ISG) yang menghasilkan 2,5 hp dan paket baterai lithium-ion. Trim ini paling hemat memiliki konsumsi bahan bakar 3,61 lt per 100 km.

Mobil mungil ini dibekali banyak fitur keselamatan. Di antaranya 6 airbag, ditambah beberapa sistem ADAS dasar termasuk sistem pendukung rem kamera ganda, peringatan keberangkatan jalur, bantuan sinar tinggi, dan dukungan rem saat mundur.

Sayangnya, Carol tidak mendapatkan infotainment 7 inci Alto karena semua grade dilengkapi dengan panel plastik yang menutupi area di antara ventilasi kontrol iklim. Namun, trim yang lebih tinggi mendapatkan fitur seperti lampu depan LED, velg 14 inci, dan AC otomatis.

New Mazda Carol akan tersedia di Jepang mulai pertengahan Januari 2022. Harganya berkisar US$8.732 (Rp124 juta) hingga US$11.396 (Rp161,7 juta).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])