Nah Lo! Empat Singa di Taman Safari Singapura Positif Covid-19

Nusantaratv.com - 10/11/2021 09:45

Singa Asia di Taman Safari Malam Singapura. (Channel News Asia)
Singa Asia di Taman Safari Malam Singapura. (Channel News Asia)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Empat singa Asia di Taman Safari Malam Singapura dinyatakan positif mengidap Covid-19. 

Singa-singa itu telah terpapar dengan staf dari Mandai Wildlife Group yang terinfeksi sebelumnya, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (10/11/2021).

Layanan Hewan dan Kedokteran Hewan (Animal and Veterinary Service/AVS), yang berada di bawah Dewan Taman Nasional, menyatakan masing-masing empat ekor singa, serta singa Afrika di Kebun Binatang Singapura, telah menunjukkan tanda-tanda penyakit ringan termasuk batuk, bersin, dan lesu pada Sabtu (6/11/2021) dan Senin (8/11/2021).

AVS juga telah mengeluarkan perintah di bawah Undang-Undang Hewan dan Burung kepada Mandai Wildlife Group untuk mengisolasi sembilan singa Asia dan lima singa Afrika di kandang mereka masing-masing.

Keempat singa Asia itu diuji dengan tes polymerase chain reaction (PCR) oleh AVS. "AVS bekerja sama dengan Mandai Wildlife Group untuk memantau dengan cermat kesehatan singa dan akan menguji sampel dari singa yang tersisa," demikian pernyataan AVS.

Mandai Wildlife Group mengatakan tiga penjaga dari Taman Safari Malam Singapura dinyatakan positif Covid-19. "Dua penjaga awalnya dites positif saat tidak bertugas," kata Mandai Wildlife Group.

Mandai Wildlife Group mengatakan Taman Safari Malam Singapura telah ditutup sejak Minggu (7/11/2021) setelah keempat singa menunjukkan gejala pernapasan.

"Semua singa tetap makan dengan baik. Ada bukti bahwa hewan pada umumnya tidak mengalami sakit parah akibat virus," kata Dr Sonja Luz, Wakil Presiden Konservasi, Penelitian dan Kedokteran Hewan di Mandai Wildlife Group.

"Kami berharap singa akan sembuh total dengan perawatan ringan. Namun, anti-peradangan dan antibiotik dapat diresepkan jika perawatan lebih lanjut diperlukan," tukasnya.

Diketahui, Mandai Wildlife Group, sebelumnya bernama Wildlife Reserves Singapore, mengelola sebagian besar kebun binatang di negara ini, termasuk Night Safari dan Singapore Zoo.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in