MPR RI Apresiasi Atensi KBRI di AS dan KJRI San Francisco Terhadap Mahasiswa Indonesia

Nusantaratv.com - 17 Mei 2022

Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani. Foto: Dok MPR
Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani. Foto: Dok MPR

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Wakil Ketua MPR RI, Arsul Sani, berkunjung ke Amerika Serikat (AS) bersamaan dengan kunjungan Presiden Jokowi ke AS dalam rangka KTT ASEAN - AS di Washington DC. Selama di AS, Arsul Sani menghadiri halal bi halal dengan Diaspora Indonesia yang tinggal di kawasan Washington DC, Virginia dan Maryland, bersama Duta Besar LBBP Indonesia untuk AS, Rosan Roeslani, istri dan jajaran KBRI di Washington DC.

Halal bi halal ini diselenggarakan oleh IMAAM Centre dan berbagai perkumpulan Diaspora Indonesia di sana bertempat di Auditorium University of Distric of Columbia pada Minggu (8/5/2022). Selain itu, Arsul Sani juga bertemu WNI yang bekerja di kota Philadelphia, Pennsylvania. Di kota ini ada ribuan WNI dan diaspora Indonesia bekerja di berbagai sektor industri dan perdagangan. Kunjungan kemudian dilanjutkan ke San Francisco di negara bagian California.

Dalam kunjungan ke tiga kota di AS ini, Arsul Sani mencatat hal yang paling menonjol yang disampaikan oleh para mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di sejumlah kota dan universitas di AS, yakni apresiasi mereka terhadap Kedutaan Besar RI di Washington DC dan Konsulat Jenderal RI di San Francisco.

Sejumlah mahasiswa menyampaikan kepada Wakil Ketua MPR ini apresiasi terhadap KBRI dalam hal ini Dubes Rosan Roeslani dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Akdikbud) Prof. Popy Rufaidah atas atensinya yang tinggi terhadap para mahasiswa Indonesia, khususnya yang berasal dari Papua dan Papua Barat. Banyak kesulitan para mahasiswa Papua yang dibantu oleh Dubes dan Atdikbud KBRI Washington DC ini.

Apresiasi yang sama juga disampaikan oleh sejumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di California, Washington dan Oregon terhadap KJRI di San Francisco. Prasetyo Hadi, Konsul Jenderal RI di kota ini dan jajarannya dinilai memberikan perhatian luar biasa terhadap para mahasiwa Indonesia, termasuk yang berasal dari Papua dan Papua Barat yang sedang belajar di tiga negara bagian AS ini.

Wakil Ketua MPR RI ini mengaku terharu mendengar misi diplomatik Indonesia memberikan perhatian besar terhadap putra-putri Indonesia ini. Para diplomat ini tidak lupa mengingatkan para mahasiswa bahwa ilmu dan keahlian yang mereka dapatkan di AS harus dikontribusikan untuk pembangunan dan kemajuan Indonesia. Apalagi sebagian besar dari para mahaiswa itu belajar dengan beasiswa LPDP dan berbagai instansi pemerintah atau BUMN Indonesia.

Khusus atensi dari KBRI dan KJRI terhadap para mahasiswa Indonesia Papua dan Papua Barat di AS ini disebut oleh Arsul Sani sebagai satu cara yang bagus untuk mencegah mereka bergabung ke dalam gerakan separatisme di Papua. Diharapkan sentuhan-sentuhan kebangsaan dan kemanusiaan yang diberikan kepada mereka akan menumbuhkan jiwa NKRI mereka.

Mengakhiri keterangannya, Wakil Ketua MPR RI ini berharap seluruh misi diplomatik Indonesia dimanapun bisa memberikan atensi dan sentuhan-sentuhan kebangsaan dan kemanusiaan kepada para mahasiwa. 

"MPR RI siap diundang dan membantu program-program KBRI atau KJRI dimanapun untuk acara-acara dialog kebangsaan," pungkas Arsul Sani.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])