Meski Menjijikkan, Lendir Siput Miliki 4 Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Nusantaratv.com - 22/05/2022 14:38

Lendir siput banyak dicari oleh produsen kosmetik.
Lendir siput banyak dicari oleh produsen kosmetik.

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Para produsen skincare kini berlomba-lomba mengolah bahan-bahan alami menjadi produk perawatan kulit.

Seperti Lendir siput misalnya, kerap digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kulit dan sudah cukup banyak beredar di pasaran. Hal ini karena lendir siput diduga memiliki berbagai manfaat untuk kulit, mulai dari melembapkan kulit hingga mengurangi munculnya kerutan

Lendir siput merupakan hasil metabolisme dari tubuh siput yang mengandung antioksidan dan asam hialuronat. Kandungan tersebut menjadikan lendir siput ini memiliki beragam manfaat bagi kulit wajah. Berkat khasiatnya inilah yang membuat lendir siput sering dijadikan bahan aktif dalam banyak produk perawatan kulit.

Beragam kandungan di dalam lendir lendir siput dipercaya mampu membawa beragam manfaat untuk wajah. Dikutip dari genpi.co, berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Melembapkan kulit
Mengutip studi PLos One (2020), lendir siput memiliki kandungan senyawa bernama mucopolysaccharide untuk meningkatkan produksi asam hialuronat atau hyaluronic acid pada lapisan kulit.

Asam hialuronat dapat mengikat kadar air di udara dan dibawa ke permukaan kulit yang membuat kulit tetap lembap dan terhidrasi.

2. Merangsang produksi kolagen
Lendir siput dianggap bisa memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru dan merangsang produksi kolagen yang membuat kulit tampak lebih muda.

Dalam studi Scientific Reports (2021), lendir siput mengandung asam glikolat dan allantoin yang diklaim bisa menghasilkan kolagen.

3. Meredakan iritasi kulit
Kandungan allantoin pada lendir siput memiliki manfaat untuk meredakan iritasi kulit.

Allantoin merupakan bubuk putih tidak punya bau yang sering digunakan dalam kosmetik dan produk perawatan kulit, seperti riasan mata dan produk mandi.

Senyawa tersebut bersifat untuk menyembuhkan dan melindungi kulit dari masalah.

4. Menutrisi kulit

Kandungan lendir siput kaya akan mineral seperti seng dan mangan yang baik untuk kulit.

Selain itu, lendir siput mengandung peptida tembaga yang disinyalir meningkatkan kolagen dan mengurangi kerutan. Lendir siput juga mengandung polifenol yang dapat mencegah dan melawan paparan polusi yang membuat kulit rusak.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in