Menteri PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi Rampung Awal 2025

Nusantaratv.com - 19 April 2024

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Ist
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Ist

Penulis: Muslimin

Nusantaratv.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi rampung pada awal 2025.

Basuki mengapresiasi kepada seluruh penyedia jasa atau kontraktor yang melakukan pembangunan jalan Tol Bayung Lencir-Tempino dengan baik, sehingga dapat selesai sesuai target.

"Tolong dipertahankan dan diawasi betul hingga target penyelesaian pada Juli 2024. Saya melihat tidak ada isu atau kendala yang berarti," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/4/2024).

Adapun progres fisik keseluruhan dari Jalan tol Bayung Lencir-Tempino sebesar 77%, yang terbagi menjadi 3 paket pekerjaan.

Untuk paket 1 dibangun sepanjang 7,6 km dengan nilai kontrak Rp1,6 triliun. Saat ini progress fisiknya telah mencapai 83,85%. Sementara, paket 2 memiliki panjang 11 km dengan nilai kontrak Rp1,3 triliun. Progress fisiknya saat ini adalah 81,43%.

Untuk paket 3 dibangun sepanjang 15,47 km dengan nilai kontrak Rp2,7 triliun. Saat ini progress fisiknya 72,71%.

Kementerian PUPR telah meninjau seluruh ruas Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi danakan lakukan penandatanganan PPJT.

Sehingga, Mei 2024 nanti sudah bisa dikerjakan konstruksinya, termasuk Betung ke Bayung Lencir (Seksi 1 - Seksi 2) sepanjang 118 km, dan dari Tempino ke Jambi/Simpang Ness (Seksi 4) sepanjang 19 km.

"Insya Allah Bayung Lencir-Tempino-Simpang Ness/Kota Jambi dengan panjang 52 Km sudah bisa operasional pada kuartal pertama 2025," jelas Basuki.

Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino terbagi Seksi 3 yang merupakan Dukungan Konstruksi (Dukon) Pemerintah terhadap Ruas Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi yang melintasi Provinsi Sumsel dan Jambi.

Sementara, untuk seksi lainnya pada ruas tersebut, dibangun melalui skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Dengan Pembiayaan Berkala Berbasis Layanan (PBBL) PT Hutama Karya (persero) sepanjang 136,6 km. Terbagi pada Seksi 1 Betung-Tungkal Jaya, Seksi 2 Tungkal Jaya-Bayung Lencir, dan Seksi 4 Tempino-Jambi/ Simpang Ness.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])