Mengenal Gubal Sagu, Kuliner Khas Kabupaten Lingga Kepri yang Nyaris Punah

Nusantaratv.com - 07 Januari 2022

Ibu-ibu sedang memasak Gubal Sagu. (net)
Ibu-ibu sedang memasak Gubal Sagu. (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Gubal Sagu yang merupakan kuliner tradisional khas Desa Tanjung Harapan, Singkep, Lingga, Kepulauan Riau, nyaris dilupakan keberadaannya. Guna mempopulerkan lagi kuliner berbahan dasar sagu tersebut, lomba memasak Gubal Sagu bertajuk "Malam Sehidang" digelar baru-baru ini.

Lomba memasak Gubal Sagu ini diikuti banyak warga, utamanya para ibu dari 3 desa 3 kelurahan se-Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga.

Dalam kegiatan yang mengangkat tema "Kembali ke Masa-masa Tahun 40-an itu, para peserta lomba tampak mengenakan pakaian serta alat memasak tradisional.

Adapun alat memasak Gubal Sagu tradisional tersebut yakni,  tungku, kayu api, alat meniup api dari bambu, juga tak ketinggalan parut kelapa muda.

Lomba memasak Gubal Sagu ini dihadiri serta diapresiasi oleh Bupati Lingga, Muhammad Nizar.

Pada kesempatan itu Bupati Lingga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Lingga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Muhammad Nizar juga berharap agar kiranya lomba memasak Gubal Sagu ini menjadi ikonik Lingga.

Dalam lomba memasak Gubal Sagu juga dipamerkan berbagai alat memasak tradisional, beragam model sepeda ontel, juga berbagai makanan khas Melayu seperti, Bolu Berendam, Bubur Lambok juga Kepurun.

Selain itu ada pula parade tarian khas Melayu serta Joget Dangkung yang populer pada era tahun 1940-an.

Seperti apa lengkapnya lomba memasak Gubal Sagu ini? Saksikan hanya di Nusantara TV, Televisi Digital pertama di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])