Mengenal Bambang Pacul: Loyalis Puan yang Jadi Ketua Komisi III DPR

Nusantaratv.com - 18/11/2021 13:48

Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. (Net)
Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - PDI Perjuangan melakukan pergantian posisi Ketua Komisi III DPR. Bambang Wuryanto ditunjuk menggantikan Herman Hery.

Rotasi ini dipastikan oleh politikus senior PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno.

"Saya dengar demikian. Jadi betul," ujar Hendrawan, Rabu (17/11/2021). 

Hal senada juga diungkapkan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adiyanto. Herman Hery kini menjadi anggota Komisi VII DPR.

Bambang Pacul, sapaan Bambang Wuryanto, diketahui merupakan loyalis Puan Maharani. 

Ia kerap melempar pernyataan keras kepada Ganjar Pranowo, yang dicitrakan sebagai kompetitor Puan di internal PDI Perjuangan untuk urusan perebutan tiket ke Pilpres 2024.

Bambang yang merupakan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, pernah menyebut Ganjar Pranowo kemajon hingga keminter. Pernyataan itu keluar karena dia menganggap Ganjar kerap bermanuver mencari tiket Pilpres 2024.

"(Ganjar) wis kemajon (kelewatan). Yen kowe pinter, aja keminter (kalau kamu pintar, jangan bersikap sok pintar)," kata Bambang di Panti Marhaen Kota Semarang, Sabtu (23/5/2021).

Bambang Pacul juga pernah melontarkan pernyataan keras untuk barisan pendukung Ganjar di kalangan internal PDI Perjuangan Jawa Tengah. Dia menyebut kelompok pendukung Ganjar sebagai celeng. Isu celeng ini kemudian meluas hingga menimbulkan friksi di internal PDIP.

Latar Belakang Bambang Pacul

Dikutip dari situs resmi DPR, Bambang Pacul menyelesaikan SD di SDN Makam Haji I-Solo pada 1968, kemudian SMP di SMPN I- Solo lulus pada 1971. Lalu SMA di SMAN I-Solo lulus 1974. Selanjutnya dia menyelesaikan S1 Teknik Kimia UGM pada 1990. Serta S2 Strategy di Prasetya Mulya pada 1993.

Bambang Pacul pernah menjabat posisi direktur utama di LPPM Prismagama, Purwakarta, dan PT Sarana Yasa Manunggal. Dia juga pernah menjadi staf ahli wakil Ketua MPR RI Fraksi PDIP. Lalu menjabat anggota DPR RI mulai 2000 hingga saat ini.

Bambang juga pernah menjabat BadikLatpus PDIP pada 2000-2004. Selain di kepengurusan PDIP, Bambang Pacul pernah tergabung dalam Marketing Association Yogyakarta, sebagai ketua pada 1996-1998.

Ia pernah aktif sebagai ketua Komisariat GMNI Fakultas Teknik UGM, Yogyakarta, pada 1980-1982. Dia juga pernah menjadi Wakil Ketua Umum Lembaga Karate-Do Indonesia (Lemkari).

Bambang Pacul saat ini tercatat sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) yang merangkap sebagai Ketua DPD PDIP Jawa Tengah. Demikian dikutip dari Detik.com. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in