Mendapat Curhat Harga Gula Naik, Fadel Muhammad: Saya Sampaikan Langsung Kepada Menteri Terkait

Nusantaratv.com - 08 Desember 2023

Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad
Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad

Penulis: Bagas Adi Pangestu

Nusantaratv.com - Pengemudi ojek online, nelayan, petani, ibu rumah tangga, pelaku usaha kecil dan menengah, serta ratusan masyarakat lainnya yang memiliki beragam profesi pada Kamis, 7 Desember 2023, memenuhi Aula Kantor Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Kedatangan mereka dari berbagai kota dan kabupaten di Jateng itu untuk mengikuti pertemuan yang bertema ‘Kesatuan dan Kerukunan Masyarakat Memperkokoh Ketahanan Keluarga’.

Pertemuan yang terselenggara berkat kerja sama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dengan Forum Komunikasi Ketahanan Keluarga Jateng itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad, Anggota MPR/DPD Dapil Jateng Denty Eka Widi Pratiwi SE, MH; dan Ketua Forum Ketahanan Keluarga Jateng, Septi Wulandari.

Dalam pertemuan yang digelar selepas pukul 14.00 WIB itu oleh peserta dijadikan ajang sambung rasa, curhat, masyarakat kepada Fadel Muhammad. Kepadanya, masyarakat menyampaikan keluhan soal mahalnya harga gula, sulitnya mencari benih ikan, hingga soal dampak buruk kemajuan teknologi informasi.

Fadel Muhammad mengatakan dirinya datang ke Semarang atas undangan Denty Eka Widi Pratiwi. “Di sini kita mendengar berbagai macam aspirasi masyarakat mengenai masalah-masalah yang kurang atau belum mendapat perhatian dari pemerintah”, ujarnya.

Mendapat curhatan tingginya harga gula, mantan Gubernur Gorontalo itu mengatakan dirinya akan menyampaikan langsung masalah itu kepada menteri terkait. “Terkait harga gula yang semakin mahal, nanti saya akan telpon Menteri Perdagangan”, ujarnya. “Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dulu merupakan Pimpinan MPR”, tambahnya.

Dirinya berharap setelah melaporkan naiknya harga gula ke rekan yang ada di eksekutif, laporan itu segera ditindaklanjuti dengan menurunkan stafnya untuk datang ke Jateng.

Demikian pula bila ada nelayan dan petani kekurangan bibit ikan dan benih, dirinya juga akan menyampaikan kepada menteri terkait.

Fadel Muhammad menegaskan kepala daerah seperti gubernur, walikota, dan bupati, harus bertanggungjawab terhadap produksi rakyat. “Kepala daerah tidak boleh hanya menjadi penonton terhadap masalah yang ada”, paparnya. “Masyarakat harus diberdayakan”, tambahnya.

Memperhatikan masalah yang ada ditegaskan merupakan tugas utama yang perlu dilakukan oleh pemerintah. Hal demikian menurutnya dilakukan saat dirinya menjadi Gubernur Gorontalo. Baginya keberhasilan seorang kepala daerah adalah dengan terjadinya peningkatan pendapatan masyarakat dan turunnya kemiskinan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])