Mati Mesin,  Bus Pariwisata Terbalik di Tanjakan Pok Cucak

Nusantaratv.com - 12 Januari 2022

Bus Pariwisata terguling. (dok. ntv)
Bus Pariwisata terguling. (dok. ntv)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Sebuah bus pariwisata mengalami mati mesin dan terguling saat melewati tanjakan Pok Cucak, Sumbergiri, Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta. Akibat kejadian ini meski tak memakan korban jiwa, ada setidaknya enam penumpang dilarikan ke rumah sakit karena menderita luka yang cukup serius.

Bus Pariwisata bernomor Polisi G 7002 OJ itu dikendarai oleh Dwi Anis Mardyansyah, melaju dari arah Barat menuju ke Timur. membawa rombongan berjumlah 32 penumpang dari Pasar Pagi, Wates, Kulonprogo Jawa Tengah. Saat di tanjakan Pokcucak, kendaraan bus tak kuat menanjak dan mengalami mati mesin. Akibat mati mesin, bus berjalan mundur dan menabrak tebing di sebelah kanan jalan dan terbalik.

Menurut sopir cadangan bus, Muhammad Saleh Afif, saat itu kondisi bus layak untuk jalan. Namun karena saat ditanjakan mesin mati, maka seluruh komponen bus termasuk rem mengalami gangguan.

Tak lama kejadian, satuan polisi lalu lintas dari Polsek Ponjong mendatangi lokasi dan membantu warga mengevakuasi bus tersebut.

Dari keterangan Satlantas Polsek Ponjong, Briptu Wahyu, dari 32 penumpang, ada delapan orang yang dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka yang serius. Sedangkan penumpang yang lain mendapat pertolongan dari warga setempat.

Saat ini pihak Kepolisian sedang berkoordinasi dengan pihak perusahaan bus pariwisata tersebut untuk penanganan lebih lanjut. (kontributor Yogyakarta, Hendro Ary Wibowo).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])