Maserati Tunda Peluncuran SUV Grecale Gegara Krisis Chip Semikonduktor

Nusantaratv.com - 19 Oktober 2021

Ilustrasi Maserati. (Istimewa)
Ilustrasi Maserati. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen mobil asal Italia, Maserati, menunda peluncuran SUV (sport utility vehicle) Grecale terbaru hingga musim semi 2022.

Grecale awalnya dijadwalkan meluncur pada November 2021. Namun, akibat krisis chip semikonduktor global, membuat Maserati terpaksa mengumumkan hal itu pada Senin (18/10/2021), seperti dikutip dari Reuters.

Pengumuman dari merek mobil mewah, yang merupakan bagian dari Stellantis, hadir ketika kekurangan chip semikonduktor memaksa produsen mobil di seluruh dunia untuk memperlambat atau menangguhkan produksi.

Maserati mengatakan keputusannya berasal dari gangguan yang sedang berlangsung dalam pasokan suku cadang. "Secara khusus, karena kelangkaan chip semikonduktor, volume produksi tidak akan cukup memenuhi permintaan global yang diharapkan," kata Maserati dalam pernyataannya.

Baca Juga: Kekurangan Chip Semikonduktor, Produsen Mobil Ceko Pangkas Produksi

Penayangan perdana global untuk Grecale, yang akan diproduksi di Cassino di Italia tengah, awalnya dijadwalkan pada 16 November 2021. Stellantis bulan ini juga mengkonfirmasi akan menghadirkan Tonale, SUV Alfa Romeo terbaru, pada Maret mendatang setelah diharapkan pada akhir tahun ini.

Stellantis, yang dibentuk tahun ini melalui penggabungan Fiat Chrysler dan PSA Prancis, telah menghentikan produksi di beberapa pabrik, termasuk di Eropa dan Kanada, karena kekurangan chip semikonduktor.

Ini telah memperkirakan akan menghasilkan 1,4 juta unit kendaraan lebih sedikit tahun ini. Serikat pekerja FIM-CISL mengatakan dampak dari kekurangan chip semikonduktor pada produksi Italia Stellantis tahun ini akan lebih buruk dan lebih tahan lama daripada kerusakan produksi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 pada 2020.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])