Mantap, Bugatti Bolide Dinobatkan Jadi Hypercar Terindah di Dunia

Nusantaratv.com - 05 Oktober 2021

Bugatti Bolide. (Carscoops)
Bugatti Bolide. (Carscoops)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Bugatti Bolide dinobatkan sebagai hypercar terindah di dunia oleh juri desain profesional dalam 36th Festival Automobile International di Paris, Prancis.

Dikutip dari Carscoops, Selasa (5/10/2021), Bugatti edisi terbatas yang berfokus pada trek ini menang dalam kategori hypercar 'dengan selisih substansial' di antara empat finalis lainnya.

Sementara tiga pesaing lainnya untuk kategori hypercar tidak disebutkan namanya, aturan menyatakan mereka harus 'mobil yang diproduksi secara seri, tetapi dijual lebih dari 60.000 euro, yang menampilkan desain sporty dan kinerja yang luar biasa'. 

Sebagai model paling mahal dalam kontes, Bolide adalah Bugatti paling ekstrim yang pernah dibuat. Desainnya dicirikan bodi rendah dengan banyak saluran udara, lampu depan dan belakang LED berbentuk X. Scoop dipasang di atap, diffuser belakang besar, sayap belakang bergaya racing, dan knalpot quad dipasang di tengah.

Baca Juga: Honda Jadi Produsen Mobil Pertama yang Jual Kendaraan Baru Online di Jepang

Menurut Direktur Desain Bugatti, Achim Anscheidt, Bolide adalah tantangan yang sama sekali baru bagi tim desain. "Merupakan suatu kehormatan bagi kami desain yang dihasilkan telah memenangkan penghargaan yang sangat didambakan, dipilih oleh para ahli di bidang kami," ujarnya.

"Pujian harus diberikan kepada seluruh tim desain, masing-masing didedikasikan untuk keahlian mereka dalam menyelaraskan dan menyempurnakan semua aspek desain Bolide selama empat bulan yang inovatif, proses digital murni," lanjut Anscheidt. 

Sementara itu, di bagian interior, tidak ada bagian trim yang sama dengan Bigatti Chiron, Bolide menampilkan posisi duduk yang sangat rendah.  "Ada identitas Bugatti yang jelas di kabin Bolide, tetapi tanpa kemewahan atau kemewahan mobil sport hyper kami yang sedang melaju. Desainnya difokuskan untuk menciptakan tempat dengan gangguan minimal dan visibilitas maksimum, dengan rumah kaca yang melengkung dan fungsi kontrol yang benar-benar ada di ujung jari pengemudi," terang Deputi Direktur Desain Bugatti, Frank Heyl.

Bugatti Bolide pertama kali diluncurkan pada Oktober 2020 dalam bentuk mobil konsep. Melihat respon yang luar biasa dari pelanggan, pada Agustus 2021 Bugatti mengungkapkan versi produksi hypercar track-only hanya 40 unit.

Dalam bentuk konsep, mesin W16 8.0 liter quad-turbo menghasilkan tenaga 1.824 hp (1.850 PS/1.360 kW) yang menakjubkan dengan menggunakan bahan bakar balap beroktan 110. Namun, versi produksinya menghasilkan 1.578 hp (1.600 PS/1.176 kW) yang lebih masuk akal, tapi tetap mengesankan beroktan 98 yang tersedia secara luas.

Pengiriman pertama Bugatti Bolide dijadwalkan pada 2024. Masing-masing dari 40 unit hypercar ini dibanderol dengan harga US$4,7 juta atau sekitar Rp67 miliar.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])