Majelis Rakyat Global Indonesia Bakal Deklarasi di Tengah Laut Natuna Utara

Nusantaratv.com - 08 Desember 2021

Yudi Syamhudi Suyuti.
Yudi Syamhudi Suyuti.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Majelis Rakyat Global Indonesia akan segera dideklarasikan yang rencananya diadakan di tengah Laut Natuna Utara. Inisiator dari Majelis Rakyat Global Indonesia adalah organisasi masyarakat sipil Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional (JAKI) dan Indonesian Club.

Panita Majelis Rakyat Global Indonesia ini sudah dibentuk, terdiri dari Yudi Syamhudi Suyuti, Harstsa Mashirul dan Gigih Guntoro.

"Kami sedang menyiapkan semua keperluannya. Termasuk perijinan dan kapal yang akan kami gunakan," ujar Koordinator Eksekutif JAKI Yudi Syamhudi Suyuti, Rabu (8/12/2021).

Dalam deklarasi ini, kami ingin mengundang banyak perwakilan organisasi nasional dan internasional untuk bergabung, yang berada di wilayah Indonesia dan ASEAN maupun wilayah-wilayah global lain untuk bergabung.

Tujuan deklarasi ini adalah untuk mewujudkan prinsip-prinsip kemanusiaan dan keadilan sosial yang bermartabat.

Selain itu, Majelis Rakyat Global Indonesia ini juga sebagai inisiator pembentukan Pakta Perdamaian Laut Cina Selatan yang akan bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri,TNI, Polri serta masyarakat sipil ASEAN dan global.

"Harapan kami dukungan dari kekuatan pertahanan dan keamanan global juga mendukung upaya pencapaian penyelesaian konflik di Laut Cina Selatan dengan didasari hukum internasional, penghormatan kedaulatan laut nasional dan pencapaian kesepakatan baru," tutur Yudi.

Majelis Rakyat Global Indonesia adalah bentuk inisiatif manifesto politik Indonesia Pembukaan UUD 45, Deklarasi Hak Asasi Manusia 1948 dan Piagam Atlantik 1941 serta penegasan UNCLOS 1982 untuk mendorong perundingan damai dengan Cina sekaligus menjembatani ketegangan Amerika Serikat dan Cina.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])