Lukisan Raden Saleh Tentang Pemandangan Megamendung Terjual Rp 36 Miliar

Nusantaratv.com - 04 Desember 2021

Maestro seni lukis Indonesia Raden Saleh. (net)
Maestro seni lukis Indonesia Raden Saleh. (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Maestro seni lukis Indonesia Raden Syarif Bastaman Saleh atau dikenal Raden Saleh mencatatkan rekor luar biasa terkait salah satu karya lukisnya. Lukisan Raden Saleh tentang pemandangan Mengandung, laku terjual 2,2 juta euro atau sekitar Rp 36 miliar. 

Pada lelang Drout Paris yang digelar oleh rumah lelang Daguerre bekerja sama dengan Jack-Phillipe Ruellan, lukisan Raden Saleh bertajuk "A View of Mount Megamendung" itu ditaksir mulai dari Rp 16,5 miliar hingga Rp 24,8 miliar.

"Saya senang memberi tahu Anda bahwa lukisan langka Raden Saleh telah laku terjual senilai 2,2 juta euro dengan buyer premium," ungkap Delphine Kahl, mengutip Detik.com. 

"Kami sangat senang dengan hasil ini yang merupakan harga terbaik kedua untuk nama Raden Saleh," lanjutnya.

Delphine Kahl mengatakan spesialis Raden Saleh, Marie-Odette Scalliet, juga senang dengan hasil akhir pelelangan.

"Spesialis karya-karya Raden Saleh (Marie-Odette Scalliet) tahu sebagian besar para penawar, juga sangat senang dengan harga yang dicapai. Dia melihat itu sebagai harga terbaik yang dicapai untuk A View of Mount Megamendung," ucap Delphine Kahl.

A View of Mount Megamendung berada di atas kanvas yang berukuran 134 x 165,5 sentimeter. Lukisan itu telah diidentifikasi asli oleh spesialis lukisan Raden Saleh yakni Marie-Odette Scalliet, yang juga melakukan penelitian keabsahan dengan Jack-Phillippe Ruellan.

Lukisannya pun dibuktikan dengan tanda tangan asli oleh Raden Saleh, diberi tanggal, dan diberi tulisan di bagian kanan bawah berwarna merah dengan tulisan Raden Saleh F/ Java 1861.

A View of Megamendung punya beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki lukisan lainnya dengan seri yang sama. Menurut Delphine Kahl, karya pemandangan Megamendung merupakan sebuah toponim atau bidang keilmuan linguistik yang membahas tentang asal-usul penamaan nama tempat, wilayah, atau bagian dari alam.

Lukisan yang dibuat pada 1861 itu juga menjadi tonggak sejarah dalam karya-karya Raden Saleh.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])