Lansia Wajib Vaksin Covid-19, Menolak Didenda Rp1,6 Juta

Nusantaratv.com - 01 Desember 2021

Lansia sedang menjalani vaksinasi covid-19/ist
Lansia sedang menjalani vaksinasi covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Yunani, Nusantaratv.com-Pemerintah Yunani akan mengeluarkan peraturan tegas terkait vaksinasi untuk warganya yang berusia 60 tahun ke atas atau tergolong lanjut usia (lansia). 

Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis menyatakan mulai pertengahan Januari 2022, warga berusia 60 tahun ke atas wajib divaksin covid-19. Bagi yang menolak dikenakan denda sebesar 100 euro (setara Rp1,6 juta). 

Dikatakan, uang denda itu akan digunakan untuk sistem kesehatan Yunani, yang sedang berjuang menghadapi lonjakan pasien di rumah sakit. Sekitar 63% dari 11 juta penduduk Yunani telah divaksinasi penuh, tetapi data menunjukkan lebih dari 520.000 orang berusia di atas 60 tahun belum mendapatkan vaksinasi.

"Orang-orang Yunani yang berusia di atas 60 tahun ... harus membuat janji temu mereka untuk pukulan pertama pada 16 Januari," kata PM Kyriakos Mitsotakis.

"Vaksinasi mereka selanjutnya wajib,” tegasnya. 

Baca juga: Varian Omicron Bikin Ngeri, Orang Dewasa di AS Wajib Vaksin Booster Covid-19

Mitsotakis mengatakan keputusan itu telah "menyiksanya" tetapi dia merasakan "tanggung jawab berat berdiri di samping mereka yang paling rentan, bahkan jika itu mungkin membuat mereka tidak senang".

Mitsotakis menambahkan penerapan kebijakan wajib vaksin covid-19 untuk warga berusia 60 tahun ke atas masih menunggu hasil pemungutan suara di parlemen. Diharapkan mayoritas anggota parlemen Yunani akan menyetujuinya, mengutip okezonecom, Rabu (1/12/2021). 

Di saat sejumlah negara telah memberlakukan aturan wajib vaksin covid-19 bagi petugas kesehatan dan pekerja berisiko tinggi lainnya, Yunani akan menjadi yang pertama di UE (Uni Eropa) yang menargetkan kelompok usia tertentu. 

Austria telah mengumumkan bahwa vaksinasi Covid-19 wajib akan dimulai pada Februari tahun depan. 

Sementara itu, Syriza, partai oposisi utama Yunani, menyebut pemberlakukan sanksi denda sebagai hukuman yang berlebihan secara finansial. Covid-19 dilaporkan telah merenggut lebih dari 18.000 nyawa di Yunani.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])