Lacak Varian Omicron, Israel Pakai Cara Lawan Teroris

Nusantaratv.com - 28 November 2021

Penerbangan langsung dari Tel Aviv (Israel) ke Marrakesh (Maroko). (Istimewa)
Penerbangan langsung dari Tel Aviv (Israel) ke Marrakesh (Maroko). (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Israel pada Sabtu (27/11/2021) mengatakan, bakal melarang masuknya semua orang asing ke negara itu.

Ini menjadikannya negara pertama yang menutup perbatasannya sepenuhnya sebagai respon terhadap varian Covid-19 baru yang berpotensi lebih menular. Negara itu akan memakai cara kontra-terorisme, teknologi pelacakan telepon terorisme untuk menahan penyebaran varian Omicron, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (28/11/2021).

Perdana Menteri Naftali Bennett mengatakan dalam sebuah pernyataan jika larangan itu, sambil menunggu persetujuan pemerintah, akan berlangsung selama 14 hari. Para pejabat berharap dalam periode itu akan ada lebih banyak informasi tentang seberapa efektif vaksin Covid-19 terhadap Omicron, yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan (Afsel) dan telah dijuluki sebagai 'varian perhatian' oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Hipotesis kerja kami adalah varian tersebut sudah ada di hampir setiap negara," kata Menteri Dalam Negeri Israel Ayelet Shaked kepada Meet the Press dari N12.

"Soal vaksin itu efektif, meskipun kami belum tahu sampai sejauh mana," lanjutnya.

Warga Israel yang memasuki negara itu, termasuk mereka yang divaksinasi, akan diminta untuk dikarantina, kata Bennett. Larangan akan mulai berlaku pada tengah malam antara Minggu (28/11/2021) dan Senin (29/11/2021).  Larangan perjalanan bagi orang asing yang datang dari sebagian besar negara bagian Afrika diberlakukan pada Jumat (26/11/2021).

"Teknologi pelacakan telepon agen kontra-terorisme Shin Bet akan digunakan untuk menemukan operator varian baru untuk mengekang transmisi ke orang lain," ujar Bennett.

Digunakan dan dimatikan sejak Maret 2020, teknologi pengawasan mencocokkan lokasi pembawa virus dengan ponsel lain di dekatnya untuk menentukan dengan siapa mereka melakukan kontak. Mahkamah Agung Israel tahun ini membatasi ruang lingkup penggunaannya setelah kelompok hak-hak sipil mengajukan tantangan atas masalah privasi.

Omicron yang telah terdeteksi di Belgia, Botswana, Hong Kong, Italia, Jerman dan Inggris, telah memicu kekhawatiran global dan gelombang pembatasan perjalanan, meskipun ahli epidemiologi mengatakan pembatasan tersebut mungkin sudah terlambat untuk menghentikan Omicron beredar secara global.

Israel sejauh ini mengkonfirmasi satu kasus Omicron, dengan tujuh kasus yang dicurigai. Kementerian Kesehatan belum mengatakan apakah kasus yang dikonfirmasi itu divaksinasi. Tiga dari tujuh kasus yang dicurigai telah divaksinasi penuh, kata kementerian itu pada Sabtu (27/11/2021), dan tiga belum kembali dari perjalanan ke luar negeri baru-baru ini.

Sekitar 57 persen dari 9,4 juta penduduk Israel telah divaksinasi penuh, menurut Kementerian Kesehatan, yang berarti mereka telah menerima suntikan ketiga vaksin Pfizer-BioNtech atau belum lima bulan sejak mereka menerima dosis kedua. 

Israel telah mencatat 1,3 juta kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan lebih dari 8.000 kematian sejak pandemi dimulai.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])