Kurangi Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas, Arab Saudi Lakukan Ini

Nusantaratv.com - 07 September 2021

Ilustrasi Lalu lintas kendaraan
Ilustrasi Lalu lintas kendaraan

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemerintah Arab Saudi meresmikan Pusat Epidemiologi Kecelakaan Lalu Lintas Jalan pada akhir pekan lalu. 

Dilansir dari Arab News, Selasa (7/9/2021), pusat itu akan menggunakan data dan praktik terbaik untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas, menjaga kesehatan masyarakat, dan meningkatkan kualitas hidup.

Presiden Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi, Jalal bin Mohammed Al-Owaisi, mengatakan organisasinya bertujuan menjadi pemimpin regional dalam pemantauan dan penelitian cedera dan kecelakaan pada 2025.

"Pendirian pusat tersebut sejalan dengan upaya SRCA untuk melindungi kehidupan masyarakat, menurunkan jumlah kematian akibat kecelakaan, dan mencapai tingkat keselamatan jalan tertinggi, terutama karena kematian akibat kecelakaan di jalan termasuk jumlah kematian tertinggi di kerajaan," kata Al-Owaisi.

Sementara itu, Direktur Pusat Youssef Al-Safyan mengatakan, badan baru tersebut ingin menjadi salah satu yang terbaik secara regional dalam spesialisasi epidemiologi data lalu lintas jalan, sehingga dapat membantu proses pengambilan keputusan dalam menemukan solusi yang sesuai. 

"Pusat sedang mencari kerja sama dan integrasi dengan entitas pemerintah, publik, dan swasta," ungkap Al-Safyan.

SRCA, melalui pusat, bermaksud membangun sistem terpadu untuk memantau cedera dan kecelakaan serta untuk meningkatkan lingkungan penelitian dan studi ilmiah di bidang ini. 

Mereka juga berencana mengembangkannya di tingkat nasional dan regional, di samping mempersiapkan tenaga ahli nasional yang akan berpengalaman di bidang pemantauan dan penelitian cedera serta kecelakaan.

Pusat ini juga mendukung komunikasi dengan masyarakat dan memungkinkan orang untuk mengambil bagian dalam menetapkan program dan menciptakan inisiatif yang bertujuan untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])