Korsel Mulai Uji Truk Berat Hidrogen di Jalan Utama Seoul

Nusantaratv.com - 23 Desember 2021

Pemerintah akan memberikan subsidi dan penyediaan stasiun pengisian hidrogen. (Yonhap)
Pemerintah akan memberikan subsidi dan penyediaan stasiun pengisian hidrogen. (Yonhap)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Korea Selatan (Korsel) mulai melakukan uji coba pengoperasian truk berat bertenaga hidrogen pada Kamis (23/12/2021).

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari upaya negara itu untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan sejalan dengan inisiatif pengurangan emisi karbon.

Dikutip dari kantor berita Yonhap, Kamis (23/12/2021), lima truk bertenaga hidrogen 11-ton, termasuk truk sel bahan bakar Xcient, akan melakukan uji coba di jalan-jalan utama di Kota Seoul dan wilayah selatan selama 12 bulan ke depan, kata Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korsel dalam pernyataannya.

Dua perusahaan logistik, yakni CJ Logistics Corp., Hyundai Glovis Co., dan raksasa e-commerce Coupang Inc., juga akan berpartisipasi dalam proyek pengiriman kargo ekspres internasional dan pelat baja. Sebagai bentuk dukungan, pemerintah akan memberikan subsidi dan penyediaan stasiun pengisian hidrogen.

Kementrian mengatakan pemerintah akan menggunakan proyek tersebut untuk mengumpulkan data yang diperlukan guna memeriksa dan membangun sistem logistik berbasis hidrogen secara keseluruhan.

Korsel berada pada tahap yang baru lahir dengan adopsi truk berat sel bahan bakar untuk transportasi. Sedangkan kendaraan listrik hanya ditujukan untuk sebagian truk ringan.

Pemerintah bertujuan memiliki 10.000 truk sel bahan bakar di jalan pada 2030 melalui berbagai dukungan negara, seperti membangun lebih banyak stasiun pengisian dan memberikan subsidi untuk pembelian.

Mengganti satu truk kargo 10 ton dengan kendaraan ramah lingkungan diperkirakan memiliki efek yang sama dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dengan mengganti 13 truk kargo satu ton, menurut kementerian.

Data terakhir pemerintah menunjukkan perkiraan emisi gas rumah kaca dari transportasi kargo oleh kendaraan di Korsel mencapai sekitar 28 juta ton, mengambil sekitar 30 persen dari total emisi karbon dari seluruh sektor transportasi. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])