Kendaraan Listrik Sumbang 9,3 Persen Penjualan Mobil Baru di Korsel pada 2023

Nusantaratv.com - 12 Februari 2024

Ilustrasi. Kendaraan listrik sedang melakukan pengisian daya. (Reuters)
Ilustrasi. Kendaraan listrik sedang melakukan pengisian daya. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Di Korea Selatan (Korsel), kendaraan listrik menyumbang sekitar 9,3 persen dari seluruh penjualan mobil baru pada tahun lalu.

Dilansir dari Yonhap, Senin (12/2/2024), angka tersebut berada di atas negara-negara besar lainnya, termasuk Amerika Serikat (AS) dan Jepang. 

Berdasarkan data dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korsel, kendaraan listrik (electric Vehicle) mencatat 162.507 unit dari 1,74 juta mobil yang terjual di Negeri Ginseng itu pada 2023. 

Rasio ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dari hanya 1,9 persen pada 2019. Namun angka tersebut sedikit turun dari 9,7 persen pada 2022. Hal ini dimungkinkan karena masih adanya kekhawatiran terkait minimnya infrastruktur pengisian daya serta tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk kendaraan listrik.  

Tahun lalu, kendaraan listrik menyumbang 22,2 persen dari sekitar 30 juta mobil yang terjual di China. Hal ini didukung kebijakan agresif Beijing untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan pemotongan pajak dan diskon lainnya.

Sementara di Amerika Serikat, kendaraan listrik menyumbang 7,2 persen dari penjualan mobil di dalam negeri, diikuti Jepang dengan 2,9 persen dan India dengan 2,1 persen.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])