Kendaraan Listrik Porsche Taycan Cross Turismo Pecahkan Rekor Dunia

Nusantaratv.com - 13 Januari 2022

Porsche Taycan Cross Turismo memecahkan rekor dunia. (Autobala)
Porsche Taycan Cross Turismo memecahkan rekor dunia. (Autobala)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Porsche Taycan Cross Turismo memecahkan Rekor Dunia Guiness sebagai mobil listrik yang mencapai ketinggian 4.842,967 meter.

J.F. Musial dan tim yang biasanya memproduksi film otomotif dan acara TV ikut terlibat dalam perjalanan ini. "Ini semua dimulai. Bagaimana jika sebuah proyek yang penuh gairah ini, memadukan kecintaan kami pada mobil dan perjalanan dan membawanya ke petualangan ekstrem," ujar Musial.

Tim mengendarai Porsche Taycan Cross Turismo dalam perjalanan memecahkan rekor hingga ke puncak gunung. Dalam waktu kurang dari sehari, mereka mulai menavigasi dari titik terendah yang dapat mereka akses di Amerika Serikat (AS) dengan mobil, ke salah satu yang tertinggi, jarak vertikal hampir lima kilometer dan menempuh jarak lebih dari 2.250 km.

"Kami ingin berkendara dari titik terendah di Amerika Serikat ke salah satu yang tertinggi, Pikes Peak, tempat kami menghabiskan waktu berjam-jam untuk merekam pendakian bukit yang terkenal. Proyek ini mengandalkan banyak niat baik, dan mobil yang cukup unik dalam perpaduan kemampuannya," lanjut Musial.

Titik terendah di AS adalah Badwater Basin di Death Valley, 86 meter di bawah permukaan laut. Agar bisa masuk lebih dalam, maka harus pergi ke bawah tanah. Dan tim melakukan hal itu, berkat dukungan dari staf dan operator yang antusias di Eagle Mine di Michigan.

Porsche Taycan Cross Turismo adalah kendaraan BEV murni dan memiliki kemampuan off-road dengan ketinggian pengendaraan yang lebih tinggi dan penggerak semua roda, mobil ini memenuhi kriteria Tambang Eagle untuk diizinkan mengemudi melalui portal dan masuk ke terowongan itu sendiri. 

Hal ini menjadikannya salah satu dari sedikit mobil di dunia dengan kemampuan yang tepat untuk dapat mencoba perjalanan tanpa modifikasi apa pun dan menggunakan ban jalan raya yang sepenuhnya standar.

Tujuan akhir mereka adalah puncak Pikes Peak setinggi 4.302 meter di Colorado, rumah bagi kompetisi Pikes Peak International Hillclimb yang terkenal di dunia, yang akan berlangsung untuk ke-100 kalinya tahun ini.

Perjalanan itu adalah salah satu paling menuntut yang pernah dialami mobil dan tim. Karena membawa mereka melintasi enam negara bagian, dan akan naik 4.842,967 meter, atau lebih dari tiga mil, tanpa pernah meninggalkan tanah.

Oksigen yang tersedia bagi mereka di awal perjalanan turun 40 persen pada saat mereka mencapai puncak gunung. Sepanjang jalan mereka menghadapi matahari, hujan, salju dan es, kelelahan dan ancaman yang selalu ada saat melintasi pegunungan, dan jalan menuju rekor mereka, dapat ditutup karena kondisi cuaca.

"Anda dapat merencanakan selama berbulan-bulan, mengembangkan jadwal yang sangat rinci, tetapi pada akhirnya, itu selalu tergantung pada eksekusi dan cuaca," ungkapnya, seperti dikutip dari Teslarati, Kamis (13/1/2022).

"Saya sangat bangga dengan upaya tim kami. Cuaca adalah cerita yang berbeda. Saya selalu diberitahu bahwa gunung memutuskan apakah itu akan memungkinkan Anda untuk mencapai puncak. Meskipun badai salju datang, kami beruntung dan menemukan jendela kecil selama 45 menit untuk sampai ke puncak, di mana gunung memungkinkan kami mendapatkan rekor ini," tambahnya.

Tim pria dan wanita, kolega dan pemecah rekor menempuh total hampir lima kilometer lurus ke atas, dan 2.274 kilometer di atas tanah, ditempuh dalam waktu 33 jam dan 48 menit. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])