Kemensos Kunjungi Keluarga Pahlawan Nasional-Eks Ketum PBNU Idham Chalid

Nusantaratv.com - 12/10/2021 16:10

Keluarga Idham Chalid dan perwakilan Kemensos.
Keluarga Idham Chalid dan perwakilan Kemensos.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kementerian Sosial (Kemensos) masih terus melakukan kunjungan ke keluarga para pahlawan nasional yang fotonya tertera pada uang rupiah tahun emisi 2016. Kali giliran keluarga pahlawan nasional yang juga mantan Ketua Umum PBNU KH Idham Chalid yang disambangi. 

Kunjungan Kemensos ke rumah mantan Ketua DPR dan MPR itu, diwakili Inspektur Jenderal (Irjen) Kemensos Dadang Iskandar. 

"Kegiatan hari ini adalah silaturahmi ke rumah salah satu pahlawan nasional Pak KH Idham Chalid. Sesuai dengan rencana pemerintah untuk menerbitkan mata uang rupiah yang salah satunya uang bergambar Pak Haji Idham Chalid," ujar Dadang kepada wartawan, Selasa (12/10/2021). 

Lebih lanjut Dadang menjelaskan, penyertaan gambar para pahlawan nasional termasuk Idham di pecahan uang rupiah, merupakan wujud perhatian pemerintah. Hal itu dilakukan agar wajah dan jasa para pahlawan bisa dikenang sepanjang masa. 

"Sebagai pahlawan nasional ini bagian dari upaya pemerintah atau negara untuk mengenang para pahlawan. Untuk bisa diingat oleh para generasi muda dan seluruh masyarakat Indonesia," kata dia. 

Dadang sendiri mengaku kagum dengan sosok Idham. Sebab, eks wakil perdana menteri di era Orde Lama dan menteri Orde Baru ini, dikenal sebagai sosok yang bergaya hidup sederhana dan antikorupsi. Ini, menurut Dadang merupakan sikap yang sepatutnya menjadi teladan bagi seluruh anak bangsa. 

"Perjuangan beliau sangat luar biasa sekali. Tadi istri beliau, Ibu Hajjah Rokayah menyebut bahwa beliau benar-benar antikorupsi," tuturnya. 

"Karena istri beliau pun dilarang menerima uang dari pihak manapun juga. Disumpahin begitu. Ini cerita yang menarik bagi saya. Artinya kesederhanaan beliau menginspirasi kita juga," imbuh Dadang. 

Sementara, istri almarhum Idham Chalid, Siti Rokayah, mengaku gembira dengan kehadiran jajaran Kementerian Sosial dan pihak terkait lainnya. 

"Saya merasa sangat senang atas kedatangannya Irjen beserta bapak dari Kemenkeu (Kementerian Keuangan), bapak dari BI (Bank Indonesia) untuk pencetakan uang terbaru," ujar Rokayah. 

Lebih dalam, Rokayah mengaku bangga atas terpampangnya wajah suaminya pada pecahan uang rupiah. Hal ini yang turut dirasakan keluarga besar Idham Chalid lainnya. 

"Itu menjadi kebanggaan di anak-anak saya," tandas perempuan 81 tahun itu. 

Selain Irjen Kemensos, turut hadir Direktur DPU BI Eva Aderia S, Deputi Direktur DPU BI Wiborini, Kepala Seksi Pengelolaan Penempatan Uang, Direktorat Pengelolaan Kas Negara Kemenkeu Dedy Hermawan, dan Staf Muh. Faisal Zulmi, kemudian Kepala Seksi Pengelolaah Investasi SBN Kemenkeu Irawan Diko Purba, dan staf Heru Ismiraldi. 

Sementara keluarga Idham Chalid, selain diwakili Siti Rokayah, juga hadir putra dan putri almarhum, Adang Chalid dan Dewi Chalid, serta anggota keluarga lainnya. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in