Kembangkan Mobil Otonom, General Motors Rangkul Startup China

Nusantaratv.com - 23 September 2021

Ilustrasi General Motors. (Business Standard)
Ilustrasi General Motors. (Business Standard)

Penulis: Adiantoro

Nusataratv.com - General Motors (GM) Co., mengatakan pada Kamis (23/9/2021) pihaknya akan menginvestasikan US$300 juta atau sekitar Rp4,2 triliun di startup (perusahaan rintisan) asal China, Momenta.

Kedua perusahaan akan berkolaborasi mengembangkan teknologi otonom (self-driving) untuk model masa depan di China, kerjasama pertama di pasar mobil terbesar di dunia.

Momenta merupakan salah satu perusahaan yang mengembangkan platform pemetaan tingkat tinggi (HD) di China, perangkat utama dalam teknologi mengemudi otonom. 

Perusahaan bekerja dengan produsen mobil asal Amerika Serikat (AS) itu untuk mengembangkan kendaraan produksi massal dengan fungsi self-driving guna mengumpulkan data real-time.

Perusahaan China ini juga didukung oleh SAIC Motor, mitra utama GM di China, serta Toyota Motor dan Daimler AG.

Baca Juga: Siasati Krisis Chip Semikonduktor, General Motors Lakukan Sejumlah Perubahan

"Pelanggan di China merangkul elektrifikasi dan teknologi self-driving canggih lebih cepat daripada di tempat lain di dunia, dan kesepakatan antara GM dan Momenta akan mempercepat penerapan solusi generasi berikutnya yang dibuat khusus untuk konsumen kami di China," kata Kepala GM China, Julian Blissett, dikutip dari Reuters, Kamis (23/9/2021).

Pada Juni lalu, GM mengatakan akan menggelontorkan US$35 miliar (Rp498 triliun) hingga 2025 untuk kendaraan listrik dan teknologi mengemudi otonom secara global. Awal bulan ini, cabang modal venturanya berinvestasi di Oculii, pembuat perangkat lunak AS untuk sensor radar yang digunakan dalam mobil self-driving.

Produsen mobil dan perusahaan teknologi itu menginvestasikan miliaran dolar dalam mengemudi otonom, bertujuan untuk memimpin lebih awal dalam dunia yang dianggap sebagai masa depan mobilitas.

Produsen mobil global lainnya memiliki ikatan dengan perusahaan China dalam teknologi yang baru lahir. Toyota sedang menguji kendaraan dengan Pony.ai, sedangkan Nissan Motor bekerja dengan WeRide, dan Honda telah bekerja sama dengan AutoX.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])