Kelompok Bersenjata Serang Lapas di Nigeria, 575 Napi Kabur

Nusantaratv.com - 24 Oktober 2021

Ilustrasi lembaga pemasyarakat atau lapas/ist
Ilustrasi lembaga pemasyarakat atau lapas/ist

Penulis: Ramses Manurung

Abuja, Nusantaratv.com-Sebuah lembaga pemasyarakatan (lapas) atau penjara di negara bagian Oyo, Nigeria diserang kelompok bersenjata, pada Jumat (22/10/2021). Para penyerang berhasil membobol sistem keamanan penjara dan secara paksa membebaskan 800 tahanan. 

Ini merupakan serangan besar-besaran yang ketiga kalinya pada tahun ini di Nigeria.  

Pihak lapas mengatakan sempat terjadi baku tembak antara petugas keamanan lapas dengan kelompok penyerang. 

Disebutkan, kelompok penyerang menghancurkan gerbang halaman penjara dengan meledakkan dinding memakai dinamit. 

"Sebanyak 575 tahanan, yang semuanya sedang menunggu persidangan, hilang dan 262 lainnya yang sempat kabur sudah ditangkap lagi," kata lapas.

Baca juga: Kelompok Bersenjata Serang Penjara Nigeria, 240 Napi Kabur

"Sementara semua tahanan yang sedang menunggu persidangan dipaksa keluar tahanan, sel-sel yang dihuni para narapidana maupun narapidana perempuan tidak dirusak," imbuhnya.

Stabilitas keamanan di Nigeria saat ini sedang menghadapi tantangan berat. Selain aksi kekerasan bersenjata, di Nigeria saat ini marak terjadi aksi penculikan siswa sekolah yang meminta tebusan oleh kelompok-kelompok penjahat di kawasan barat laut.

Tak hanya itu, pemberontakan oleh sebuah kelompok garis keras di wilayah timur laut juga menjadi masalah utama negara itu.

Sebelumnya pada April lalu, sebuah lapas di negara bagian Imo juga diserang kelompok bersenjata. Sebanyak 1.800 tahanan dibebaskan dalam penyerbuan itu. Kemudian pada September, lagi-lagi kelompok bersenjata menyerbu sebuah lapas di wilayah Kogi dan secara paksa membebaskan 266 narapidana. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])