Kazakhstan Makin Mencekam! WNI Diminta Waspada

Nusantaratv.com - 06 Januari 2022

Para pengunjuk rasa membakar sejumlah gedung publik di Kazakhstan dan kendaraan saat demonstrasi memprotes lonjakan harga bahan bakar gas/ist
Para pengunjuk rasa membakar sejumlah gedung publik di Kazakhstan dan kendaraan saat demonstrasi memprotes lonjakan harga bahan bakar gas/ist

Penulis: Ramses Manurung

Almaty, Nusantaratv.com-Situasi di Kazakhstan semakin mencekam. Kerusuhan pecah di sejumlah kota pada Rabu (6/1/2022). 

Guna menstabilkan keamanan, otoritas setempat telah memberlakukan keadaan darurat di seluruh wilayah Kazakhstan. Keadaan darurat di Kazakhstan bakal berlaku hingga 19 Januari.

Namun kebijakan itu tak menghalangi aksi unjuk rasa besar-besaran yang dilakukan warga Kazakhstan. Bahkan, para demonstran telah berhasil menerobos bandara di kota terbesar negara itu, Almaty. Pengunjuk rasa juga dilaporkan telah membakar sejumlah gedung publik. 

Aksi unjuk rasa di Kazakhstan dipicu oleh melonjaknya harga bahan bakar gas pada awal tahun.

Kekacauan yang melanda Kazakhstan telah menelan korban jiwa. Sebanyak delapan polisi dilaporkan tewas akibat kerusuhan di berbagai wilayah negara itu. Selain itu, sebanyak 317 petugas dan personel terluka.

Tak hanya dari pihak polisi yang tewas akibat kerusuhan yang melanda Kazakhstan. Pasalnya, polisi di Kazakhstan juga dilaporkan membunuh puluhan pengunjuk rasa yang mencoba menyerbu gedung administrasi di Almaty.

Baca juga: Harga BBM-LPG Naik, Kazakhstan Rusuh Sampai Tewaskan 8 Aparat 

Sementara itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Nur-Sultan mengimbau para WNI di Kazakhstan untuk selalu waspada dan berhati-hati.

KBRI Nur Sultan juga meminta para WNI untuk menjauhi kerumunan sebagaimana surat imbauan yang dirilis dan diunggah di akun media sosial KBRI Nur-Sultan. 

“Tidak bepergian ke luar rumah kecuali untuk hal-hal yang penting. Mematuhi aturan yang dikeluarkan pemerintah setempat, menjaga ketertiban, dan tidak ikut dalam aksi-aksi massa yang dilakukan di wilayah setempat,” bunyi imbauan KBRI Nur-Sultan, mengutip kompascom. 

Pihak KBRI juga mengimbau WNI di Kazakhstan untuk saling berkomunikasi dengan sesama WNI di wilayah masing-masing.

“Berkomunikasi dengan KBRI melalui grup WNI maupun jalur komunikasi yang memungkinkan untuk memberi update kondisi masing-masing dan melaporkan hal-hal yang penting diketahui bersama,” imbuh surat imbauan itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])