Kawasan Teluk Diterjang Banjir, 18 Orang Tewas di Oman

Nusantaratv.com - 17 April 2024

Akibat curah hujan yang tinggi membuat sejumlah wilayah di Oman tergenang banjir. (Foto: Times of Oman)
Akibat curah hujan yang tinggi membuat sejumlah wilayah di Oman tergenang banjir. (Foto: Times of Oman)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Hujan dengan intensitas tinggi melanda negara-negara di Kawasan Teluk. Akibatnya, terjadi banjir bandang yang memakan korban jiwa.

Di Oman, 18 orang disebutkan meninggal dunia akibat bencana banjir bandang tersebut. Korban tewas diumumkan pihak pemerintah Oman pada Selasa (16/4/2024) waktu setempat.

Dilansir dari Al Jazeera, Rabu (17/4/2024), dari 18 korban, terdapat 9 anak dan sopir bus sekolah tewas akibat kendaraan yang mereka tumpangi tersapu banjir bandang yang melanda di Samad A'Shan pada Minggu waktu setempat.

Selain itu, hujan deras juga menyebabkan gangguan penerbangan di negara Uni Emirat Arab (UEA). Bahkan bandara di Dubai dipenuhi air imbas hujan deras tersebut. Komite Nasional Manajemen Darurat Oman mengatakan tim penyelamat masih mencari dua korban yang saat ini masih hilang.

Kondisi ini membuat Pemerintah Oman memutuskan untuk memberikan hari libur di publik dan swasta guna mengantisipasi bencana yang lebih buruk. Warga yang terdampak banjir juga diminta untuk segera mengungsi ke tempat penampungan.

Tak hanya itu, Pemerintah Oman menerjunkan aparat kepolisian serta tentara ke wilayah Ash Sharqiyah Utara. Provinsi ini menjadi wilayah dengan dampak banjir terbesar sekaligus terparah.

Sementara itu, hujan lebat juga melanda negara tetangga Oman, UEA, pada Selasa. Genangan air menutup sebagian jalan utama negara itu, hingga menyebabkan banyak kendaraan terjebak tak bisa menghindar dari terjangan banjir. 

Selain menyisakan genangan air, hujan deras itu juga disertai angin kencang sehingga menggangu penerbangan di bandara internasional Dubai. Sekolah-sekolah di seluruh negeri sebagian besar tutup sebelum badai terjadi dan pegawai pemerintah harus bekerja dari jarak jauh jika memungkinkan. 

Banyak pekerja juga tinggal di rumah, meskipun ada pula yang berani keluar, dan banyak pekerja yang terpaksa menghentikan kendaraan mereka di genangan air sehingga menutupi sejumlah ruas jalan. Pihak berwenang mengirim truk tangki ke jalan-jalan dan jalan raya untuk memompa air.

Disebutkan jika curah hujan di kawasan Dubai hanya lima inci dalam setahun. Namun hujan yang mulai turun pada Selasa malam menurut pihak UEA setara dengan intensitas hujan dalam satu tahun. Tak hanya Oman dan UEA, hujan juga turun di Bahrain, Qatar, dan Arab Saudi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])