Kane Tanaka, Wanita Tertua di Dunia Ini Rayakan Ulang Tahun ke-119

Nusantaratv.com - 03 Januari 2022

Wanita tertua di dunia asal Jepang Kane Tanaka. (Istimewa)
Wanita tertua di dunia asal Jepang Kane Tanaka. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kane Tanaka, wanita tertua di dunia asal Jepang, pada Minggu (2/1/2022), merayakan ulang tahunnya yang ke-119 di panti jompo di Fukuoka, Barat Daya Jepang.

Dikutip dari Kyodo, Senin (3/1/2022), Kane Tanaka lahir pada 2 Januari 1903, di Prefektur Fukuoka, setahun sebelum perang Rusia-Jepang dimulai.

Dia mengalami hidup di era Meiji, Taisho, Showa, Heisei, hingga Reiwa saat ini, dan berharap bisa hidup hingga 120 tahun sebagai tujuan langsung, menurut anggota keluarganya.

Orang-orang terkenal yang lahir pada 1903 termasuk novelis Inggris George Orwell, sutradara film Yasujiro Ozu dan penyair Jepang Misuzu Kaneko.

Kane Tanaka tercatat di Guinness World Records pada Maret 2019 sebagai orang tertua yang masih hidup di usia 116 tahun sekaligus mencapai rekor usia Jepang sepanjang masa ketika dia berusia 117 tahun 261 hari.

Kane Tanakan biasanya bangun sangat pagi dan senang belajar matematika. Tinggal di panti jompo di Fukuoka, dia berinteraksi dengan staf melalui gerakan dan sering menantang dirinya sendiri dengan memecahkan teka-teki angka. Dia suka coklat dan minuman berkarbonasi.

Kane Tanaka merupakan anak ketujuh dari sembilan bersaudara, menikah saat berusia 19 tahun. Dia menikah dengan Hideo Tanaka pada 1922, dan mereka memiliki empat anak dan mengadopsi anak kelima.

Dia mendukung keluarganya dengan menjalankan toko mie ketika suami dan putra sulungnya pergi berperang dalam Perang China-Jepang Kedua yang dimulai pada 1937.

"Saya ingin segera mengucapkan selamat kepadanya secara pribadi," kata Eiji, cucu Kane Tanaka yang berusia 62 tahun. "Saya harap dia tetap sehat dan bersenang-senang setiap hari seiring bertambahnya usia," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])