Kamala Harris jadi Presiden Wanita Pertama AS Selama 1 Jam 25 Menit, Saat Biden Jalani Operasi

Nusantaratv.com - 20 November 2021

Kamala Harris/ist
Kamala Harris/ist

Penulis: Ramses Manurung

Washington, Nusantaratv.com-Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris harus berperan sebagai Presiden AS selama 1 jam 25 menit pada Jumat (19/11/2021). Pelimpahan kewenangan itu terjadi lantaran Presiden Joe Biden harus menjalani pemeriksaan kesehatan rutin. Biden dianastesi untuk tindakan medis kolonoskopi.

Tak pelak Kamala Harris pun menjadi perempuan pertama yang mendapat kewenangan menjadi Presiden AS. Harris menjalan tugas dari kantornya di Sayap Barat Gedung Putih.

Pasca operasi, dokter menyatakan Biden sehat dan mampu melaksanakan tugasnya kembali sebagai presiden. Pemeriksaan medis itu dilakukan menjelang ulang tahun Biden yang ke-79 tahun. 

Diketahui, Harris adalah perempuan pertama serta warga kulit hitam dan Asia Selatan-Amerika pertama yang terpilih sebagai wakil presiden AS. 

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan pengalihan kekuasaan sementara dalam keadaan seperti itu pernah terjadi. Dan merupakan bagian dari proses yang ditetapkan dalam konstitusi AS.

Baca juga: Joe Biden Sahkan RUU Infrastruktur Senilai US$1 Triliun 

"Seperti yang terjadi ketika Presiden George W Bush menjalani prosedur yang sama pada tahun 2002 dan 2007," kata Jen Psaki, mengutip okezonecom, Sabtu (20/11/2021).

Sementara itu, pasca operasi Joe Biden tampak tersenyum ketika kembali ke Gedung Putih. 

"Saya merasa sangat baik," ujarnya. 

Dokter kepresidenan Kevin O'Connor menambahkan Joe Biden adalah pria berusia 78 tahun yang sehat, kuat dan cocok untuk melaksanakan tugas presiden dengan baik.

Ia menyebutkan saat kolonoskopi  ditemukan "polip jinak" yang mudah diangkat.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])