Kalahkan Catur Adi Sagita, GM Susanto Megaranto Juara JAPFA FIDE Chess Tournament 2021

Nusantaratv.com - 08/12/2021 23:21

GM Susanto Megaranto (tengah) diabdikan bersama Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto, perwakilan sponsor dan para pemenang lainnya
GM Susanto Megaranto (tengah) diabdikan bersama Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto, perwakilan sponsor dan para pemenang lainnya

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Grand Master (GM) Susanto Megaranto membuktikan dirinya masih yang terbaik di Indonesia dengan menjuarai JAPFA Fide Rated Chess Tournament 2021. Susanto memastikan suksesnya dengan mengalahkan Fide Master (FM) Catur Adi Sagita pada babak 9 atau terakhir yang berlangsung di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta, Rabu (8/12/2021). 

Kemenangan tersebut mengukuhkan dominasi Susanto di puncak klasemen akhir JAPFA Fide Rated Chess Tournament 2021 dengan mengemas 8 poin (hasil dari 7 kali menang, 2 kali remis dari 9 pertandingan). Disusul Master Nasional (MN) Surya Wahyudi  sebagai runner-up dengan 7,5 poin dan Dziththauly Ramadhan sebagai peringkat ketiga dengan 7,5 poin. 

Sebagai juara Susanto Megaranto mendapatkan thropy dan hadiah uang sebesar Rp25 juta. Sementara Surya Wahyudi mendapatkan Rp15 juta dan Dziththauly Ramadhan Rp10 juta.  

Ditemui usai penyerahan thropy dan hadiah, Susanto Megaranto mengaku puas karena 
bisa bertanding dan juara setelah sekian lama vakum karena pandemi covid-19.

“Saya tetap bersyukur masih bisa bertanding secara normal dan juara. Bagi saya bukan juaranya yang penting tapi adanya kesempatan bertanding,”ujar pecatur yang memiliki elo rating 2548 ini.

Meski berstatus unggulan utama dan berhasil menjadi juara, namun Susanto mengakui butuh perjuangan ekstra untuk meraih hasil tersebut. 

Baca juga: Agustiar Sabran Apresiasi Penerapan Prokes Covid-19 di JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto berharap ke depan pihaknya bisa menggelar lebih banyak lagi turnamen rating. 

“Percasi akan fokus pada pembinaan ke dalam. Jika sudah banyak atlet potensial muncul barulah mereka kita proyeksikan ikut turnamen berkualitas," kata Utut yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

Sementara itu, Direktur Corporate Affairs Japfa, Rachmat Indrajaya mengaku senang dan bangga karena untuk kesekian kalinya pihaknya kembali bisa berperan serta mendukung pembinaan catur nasional. Rachmat juga sangat gembira melihat antusiasme peserta JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021. 

"Luar biasa antuasiasme peserta. Ada kurang lebih 200 peserta dari 14 provinsi. Semoga pandemi covid-19 bisa segera berakhir sehingga kami dapat melaksanakan program-program yang mendukung pembinaan catur. Baik itu program pendidikan, pelatihan, pengiriman atlet ke kejuaraan catur internasional maupun menggelar turnamen catur skala nasional dan internasional sebagaimana yang kami lakukan selama ini sebelum pandemi covid-19 melanda," kata Rachmat Indrajaya dalam sambutannya saat menutup JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021. 

"Sungguh sebuah kehormatan bagi kami dapat berperan serta dalam menggerakan pembinaan catur nasional. Semoga akan lebih banyak lagi pecatur muda berkualitas yang lahir untuk diorbitkan ke pentas dunia," tutupnya.

JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 merupakan turnamen pertama yang mempertandingkan nomor catur klasik (standar) sejak pandemi covid-19 melanda. Turnamen yang diikuti sebanyak 200 peserta dari 14 provinsi di seluruh Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kualitas permainan dan elo rating para pecatur Indonesia. Total hadiah yang diperebutkan Rp110.500.000.


 


 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Ricky Cawor-1652675642
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong-1652674651