Jumpa Tokoh Agama di GKI Paulus Sowi, Wapres Ma'ruf Amin Tegaskan Kerukunan Modal Utama Membangun Bangsa

Nusantaratv.com - 16 Oktober 2021

Wapres KH Ma'ruf Amin didampingi tim ahli Wapres bersama para tokoh agama dari Majelis-Majelis Agama Papua Barat. (EP-BPMI Setwapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin didampingi tim ahli Wapres bersama para tokoh agama dari Majelis-Majelis Agama Papua Barat. (EP-BPMI Setwapres)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin berjumpa para tokoh agama dari Majelis-Majelis Agama Papua Barat di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Paulus Sowi, Manokwari, Papua Barat, Jumat (15/10/2021). 

Sebelumnya, orang nomor dua di Tanah Air itu juga bertemu dengan para tokoh agama Islam. Di GKI Paulus Sowi, Wapres KH Ma'ruf Amin mengapresiasi kerukunan umat beragama yang terjalin sangat baik di Bumi Cendrawasih, terutama Papua Barat.

Pria kelahiran Tangerang, Banten, 78 tahun silam itu menegaskan, kerukunan ini harus menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. Pasalnya, kata dia, kerukunan merupakan modal utama dalam membangun bangsa dan negara. 

"Saya menyampaikan apresiasi bahwa kerukunan antarumat beragama di Papua Barat ini baik sekali dan ini saya kira menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. Baiknya kerukunan umat beragama di Papua Barat ini berkat kepemimpinan kepala daerah, serta sikap toleransi, solidaritas, dan saling menghargai antartokoh agama dan tokoh adat di Papua Barat," ujar Wapres KH Ma'ruf Amin yang didamping Tim Ahli Wapres, di mana salah satunya adalah Nurdin Tampubolon, yang juga Presiden Komisaris NT CORP (Nurdin Tampubolon Corporation), Jumat (15/10/2021).

"Hal itu merupakan modal utama di dalam kita membangun bangsa dan negara," lanjut Rais 'Aam Nahdlatul Ulama (NU) ke-10 (2015-2018) dalam arahannya.

Tampak hadir dalam pertemuan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Bupati Manokwari Hermus Indow, Ketua Klasis Manokwari Pdt. J. Mamoribo, Ketua Persekutuan Gereja Gereja Papua (PGGP) Papua Barat Pdt. Shirley F.A. Parinussa, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Papua Barat Pdt. Sadrak Simbiak, serta sejumlah Tokoh Agama dari Majelis-Majelis Agama Papua Barat.

Turut mendampingi Wapres KH Ma'ruf Amin yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhulkam) Mohammad Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, serta Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UMKM) Teten Masduki.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Didampingi Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon Hadiri Penutupan PON XX Papua 2021

Suami dari Wury Estu Handayani itu menegaskan kerukunan antarumat beragama yang juga bagian dari kerukunan nasional merupakan sendi utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Apabila kerukunan nasional terganggu, maka akan menyebabkan konflik yang dapat menghambat negara dalam membangun dan mensejahterakan warga negaranya," urainya.

Pemerintah, terang dia, akan terus mengupayakan semaksimal mungkin, karena kerukunan Indonesia, persatuan Indonesia, dan kerukunan nasional ini merupakan sendi utama bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Ini yang harus kita jaga," tukas Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-7 (2015-2020).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])