Jokowi Klaim Harga Pertalite dan Minyak Goreng Indonesia Termurah di Dunia

Nusantaratv.com - 21/05/2022 19:40

Presiden Jokowi bersama istri meninjau pasar/ist
Presiden Jokowi bersama istri meninjau pasar/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan minyak goreng di Indonesia paling murah dibandingkan negara-negara lain di dunia.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Projo di Balai Ekonomi Desa Ngargogondo, Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu (21/5/2022).

"Yang namanya Pertalite ini, kita tahan-tahan betul agar tidak naik dan harganya tetap di Rp7.650 (per liter). Padahal, kalau saya lihat misalnya di Jerman, bensin sudah Rp31 ribu (per liter), sudah hampir dua kali lipat," ungkap Jokowi.

Selain lebih murah dari Jerman, Jokowi mengklaim harga Pertalite juga lebih murah daripada bensin di Amerika Serikat sebesar Rp18 ribu, Thailand Rp20.800, dan Singapura Rp32 ribu per liter.

Baca juga: Harga Pertalite Hingga LPG 3 Kg Dipastikan Tidak Naik

"Tapi subsidi dari APBN itu gede sekali. Masalahnya adalah tahan kita sampai kapan kalau perangnya enggak rampung-rampung?" katanya.

Selain Pertalite, Jokowi juga mengklaim harga minyak goreng di Indonesia paling murah sedunia. Saat ini, ia mengklaim harga minyak goreng curah berada di kisaran Rp14.500 per liter.

"Tadi saya cek di Pasar Muntilan, saya mampir di Pasar Muntilan tadi, cek harga berapa, per liter Rp14.500," ujarnya, mengutip CNNIndonesiacom.

Sementara, berdasarkan informasi yang diperolehnya harga minyak goreng di Jerman mencapai Rp47 ribu per liter. Begitu dengan di Singapura sekitar Rp41 ribu dan AS Rp45 ribu per liter.

"Artinya kita ini masih bisa mengendalikan inflasi," pungkasnya.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in