Jokowi: Kita Beruntung, Menteri Pendidikan Pengalaman di Perusahaan Teknologi

Nusantaratv.com - 15 Desember 2021

Nadiem Makarim. (Net)
Nadiem Makarim. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku beruntung memiliki Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim. 

Menurut Jokowi, pengalaman Nadiem di perusahaan teknologi sangat dibutuhkan guna menyiapkan talenta di bidang digital dalam jumlah besar.

"Kita beruntung Menteri Pendidikan kita memiliki pengalaman di dalam perusahaan teknologi, Mas Nadiem. Untung banget kita," ujar Jokowi kala meresmikan Gerakan Akselerasi Generasi Digital, Rabu (15/12/2021).

Acara itu juga dihadiri Nadiem Makarim dan Menteri BUMN Erick Thohir. Jokowi mengatakan, Indonesia tidak punya banyak waktu untuk mengejar ketertinggalan dengan negara-negara lain di bidang digital.

Dia ingin Indonesia maju, bahkan melompat mengungguli negara lainnya hanya dalam waktu 2 tahun ke depan.

Meski begitu, ia mengakui bahwa sulit untuk menyiapkan talenta-talenta digital dalam jumlah besar. Sulit pula mendatangkan mentor-mentor yang memiliki kualifikasi baik.

Tetapi, kata Jokowi, tantangan-tantangan tersebut bisa dijawab oleh pendiri Gojek itu.

"Saya tanya selalu dijawab dengan sangat cepat. Ini gimana jumlahnya, engga mau saya seribu dua ribu, kita minta jutaan (talenta digital). (Nadiem menjawab) bisa Pak," ujarnya.

Jokowi pun memuji program Kampus Merdeka Belajar yang dicanangkan Nadiem.

Ia ingin perusahaan teknologi besar mau menyediakan tempat bagi para mahasiswa untuk magang. Hal ini supaya para generasi muda lebih kaya akan kemampuan digital, sehingga terbentuk kultur digital di Indonesia.

"Kalau kita tidak bisa menyiapkan ini, akan sulit sekali kita mengejar negara-negara lain. Kuncinya sekali lagi dalam jumlah yang banyak," kata Jokowi.

Meski sulit, ke depan, Jokowi ingin secepatnya terbangun pemerintahan digital atau digital government.

Ia pun mengaku telah memerintahkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mempercepat pembangunan infrastruktur digital di Tanah Air.

"Kalau infrastruktur kita siap, talenta digital ada, pemerintahan digital siap, regulasi digital siap, sehingga terbangun ekosistem masyarakat digital di negara kita," kata Kepala Negara.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])