Jelang Pengambilan Sumpah Jabatan, Menkeu Belanda Terpapar Covid-19

Nusantaratv.com - 10 Januari 2022

Menkeu Belanda Sigrid Kaag. (Net)
Menkeu Belanda Sigrid Kaag. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sigrid Kaag, yang akan disumpah menjadi menteri keuangan (menkeu) wanita pertama Belanda, dinyatakan positif Covid-19.

Dia mengaku telah dites positif terinfeksi virus corona, sehari sebelum upacara pengambilan sumpah resmi. "Ini adalah awal yang sedikit berbeda dari yang saya harapkan, tapi saya akan bekerja dengan penuh energi," tulis Kaag di akun Twitter pribadinya.

"Untungnya, saya merasa baik-baik saja," lanjutnya, seperti dilaporkan Bloomberg, Minggu (9/1/2022).

Raja Willem-Alexander akan secara resmi mengambil sumpah pemerintahan pada Senin (10/1/2022), ketika reses parlemen berakhir. 

Kaag, yang juga pemimpin partai progresif sentris D66, mengatakan dia akan menghadiri upacara sumpah jabatan secara digital.

Diketahui, varian Omicron menyebabkan lonjakan kasus bahkan ketika pemerintah Belanda mengumumkan penguncian wilayah yang lebih ketat pada Desember untuk membendung penyebaran virus corona. 

Infeksi harian di Belanda melonjak ke rekor 34.954 pada Jumat (7/1/2022) dengan rata-rata tujuh hari terakhir juga naik ke level tertinggi sepanjang masa menjadi 23.245 kasus selama akhir pekan.

Apa yang disebut karantina penuh, yang akan berlangsung setidaknya hingga 14 Januari. Aturan itu hanya memungkinkan supermarket dan toko-toko penting untuk tetap buka.

Di sisi lain, sekolah-sekolah dibuka pada Senin (10/1/2022) dan Kabinet baru diperkirakan akan memutuskan apakah akan memperpanjang karantina pada Jumat (14/1/2022).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])