Jangan Terlalu Cepat, Ini Waktu yang Tepat Lakukan Tes Kehamilan

Nusantaratv.com - 18 Mei 2022

Ilustrasi tes kehamilan/ist
Ilustrasi tes kehamilan/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Terlambat menstruasi hingga payudara bengkak memang bisa dijadikan salah satu tanda-tanda kehamilan. Namun seiring kemajuan teknologi medis, kini sudah ada alat untuk memeriksa kehamilan dengan hasil yang akurat. Tes kehamilan menjadi cara paling tepat untuk memastikan anda hamil atau tidak.

Kendati demikian, Anda harus tahu bahwa janganlah melakukan tes kehamilan terlalu dini. Karena, melakukan tes kehamilan terlalu dini bisa memberikan hasil negatif palsu.

Anda perlu tahu waktu yang terbaik untuk melakukan tes kehamilan. Supaya Anda bisa mendapatkan hasil tes kehamilan yang lebih akurat.

Perlu diketahui, setelah melakukan hubungan seks, sel telur yang dibuahi akan berjalan ke dalam rahim dan menanamkan dirinya di dinding rahim.

Tapi, Anda perlu tahu bahwa kesuburan seorang wanita berubah selama siklusnya. Jendela masa subur atau ovulasi terjadi sekitar 1 minggu sampai 10 hari.

Berhubungan seks di luar jendela masa subur ini pastinya memiliki peluang hamil lebih rendah. Bila Anda tidak tahu jendela masa suburnya, Anda bisa menggunakan alat tes untuk mendeteksi jendela masa subur Anda.

Sekitar enam hari setelah pembuahan, sejumlah kecil hormon kehamilan yang disebut gonadotropin kronis manusia (hCG) akan mulai muncul dalam urine.

Gonadotropin kronis manusia adalah hormon yang dideteksi oleh alat tes kehamilan. Hormon ini biasanya memuncak beberapa minggu setelah pembuahan, tetapi tes kehamilan mungkin hanya mendeteksinya sejumlah kecil hormon tersebut.

Dengan demikian Anda bisa melakukan tes kehamilan dari hari pertama terlambat menstruasi. Jika siklus menstruasi Anda tidak pasti, Anda bisa melakukan tes setidaknya 21 hari setelah berhubungan seks terakhir.

"Beberapa tes kehamilan yang cukup sensitif bisa digunakan sebelum Anda telat menstruasi. Anda bisa melakukan tes kehamilan pada sampel urine kapan saja, tidak harus di pagi hari," kata NHS, mengutip suaracom.

Melakukan tes kehamilan di pagi hari dipastikan bakal mendapat hasil terbaik  karena urine lebih pekat. Tapi, Anda bisa melakukan tes kehamilan kapan saja.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

Berita Terkait
Studi Klinis SANOIN-1711531661
tips-1711444228
Ilustrasi-1710918050