Jangan Sepelekan! 10 Gejala Kanker Usus Stadium Awal

Nusantaratv.com - 16/05/2022 12:20

Ilustrasi penderita kanker usus stadium awal/ist
Ilustrasi penderita kanker usus stadium awal/ist

Penulis: Andi Faisal

Nusantaratv.com-Kanker usus besar adalah tumor ganas di usus besar, dengan gejala utama berupa perubahan pola buang air besar secara terus-menerus. Penyakit ini sering kali berawal dari tumor jinak yang disebut polip.    

Mengetahui dan Mengenali gejala kanker usus stadium awal bisa membantu meningkatkan kewaspadaan pada salah satu kanker paling banyak diderita ini. 

Sayangnya, banyak di antara penderita baru menyadari penyakitnya ketika kanker usus telah memasuki stadium lanjut. Akibatnya, penyakit ini sudah parah, kanker telah menjalar dan merusak organ lain, dan peluang kesembuhan penderita semakin kecil. 

Untuk itu, agar bisa lebih cepat ditangani kenali gejala kanker usus stadium awal. 

Berikut penjelasan mengenai kanker usus stadium awal serta gejalanya:

Tingkat keparahan penyakit kanker usus terbagi atas lima stadium. Pembagian stadium ini biasanya menggunakan huruf dan angka. 

Cancer Center menyebutkan, kanker usus stadium awal biasanya menggambarkan kondisi penyakit yang belum berkembang secara masif, atau belum sampai stadium 2 atau ke atas. 

Kanker usus stadium 0 menunjukkan tahap paling awal kanker usus. Pada stadium ini, kanker belum tumbuh di luar lapisan terdalam usus atau mukosa. Begitu penyakit kanker usus berkembang menjadi stadium 1, tumor ganas telah tumbuh di lapisan terdalam usus atau mukosa, sampai lapisan usus selanjutnya atau submukosa. Namun, pada stadium ini kanker usus belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat.

Berikut 10 gejala kanker usus stadium awal: 
-Sering sembelit 
-Kerap diare 
-Warna kotoran buang air besar (BAB) atau tinja berubah 
-Bentuk tinja berubah, jadi kecil-kecil 
-Ada darah dalam kotoran BAB 
-Keluar darah dari anus 
-Perut begah atau kembung 
-Sakit perut terus-menerus 
-Rasanya ingin sering BAB, tapi tidak ada kotoran yang keluar 
-Berat badan turun tanpa sebab jelas 

Perlu diketahui, beberapa gejala kanker usus stadium awal terkadang mirip penyakit lain, seperti radang usus, sindrom iritasi usus besar, ambeien, dan gangguan pencernaan lainnya. 

Jika Anda merasakan ciri-ciri kanker usus stadium awal di atas, ada baiknya segera konsultasi ke dokter. Kanker usus banyak diderita kalangan lansia. Namun akibat gaya hidup tidak sehat, belakangan banyak anak muda yang terkena penyakit ini. (dari berbagai sumber)

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in