Iran Serang Israel, Kekhawatiran Lord Rangga Soal Perang Dunia III Mencuat

Nusantaratv.com - 16 April 2024

Lord Rangga  (Instagram)
Lord Rangga (Instagram)

Penulis: Adiansyah

Nusantaratv.com - Nama Lord Rangga, saat ini kembali menjadi perbincangan publik menyusul Iran meluncurkan beberapa ratusan drone dan rudal balistik ke Israel Minggu, 14 April 2024 pagi. 

Serangan tersebut menandai pertama kalinya Iran melancarkan serangan militer langsung terhadap Israel, sejak Revolusi Islam 1979.

Di sisi lain, prediksi Lord Rangga tentang perang dunia ketiga membuat warganet mengait-ngaitkan namanya dengan kondisi geopolitik yang terjadi di Timur Tengah.

Kemudian akun TikTok @olanpanuju1, membagikan video Rangga yang mengungkap kekhawatirannya soal potensi terjadinya perang dunia ketiga.

“Bahwa prinsip poin, dunia ini harus ditata kembali, dan kita ini memasuki dunia ketiga itu-itu aja poin-poinnya," ucap mendiang Lord Rangga dalam video tersebut dikutip Selasa, 16 April 2024.

"Kalau tidak ada penataannya, siapa yang mau menata? Siapa yang peduli itu nuklir diledakkan," sambungnya. 

Lord Rangga (Instgaram @lordranggaofficial)

Warganet pun memberikan respons atas video tersebut, memberikan ungkapan di kolom komentar soal perang. 

“Sudah dipastikan nuklis bakal di luncurkan oleh AS atau Iran dan sekutunya,” komentar salah seorang warganet.

“Dan bisa dipastikan juga AS dan sekutunya akan di lumat nuklir Rusia Cina dan Korut dan semuanya tamat,” imbuh yang lainnya. 

Sementara, serangan Iran ke Israel telah menjadi sorotan dunia. Iran membela serangan dengan mengacu pada Pasal 51 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menyatakan hak negara untuk membela diri. Sebaliknya Israel, kerap menggunakan argumen sama untuk menyerang Gaza, Palestina. 

Mengutip dari berbagai sumber, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, menyatakan jika Amerika Serikat turut campur dalam konflik membantu Israel, hal itu bisa memicu eskalasi lebih besar di Timur Tengah. 

Dalam hal ini, negara seperti Korea Utara dan Rusia kemungkinan turut membantu Iran, pada akhirnya bisa membawa dunia menuju Perang Dunia III. 

Peristiwa tersebut seolah mengingatkan kembali akan peringatan mendiang Lord Rangga soal pentingnya penataan kembali sistem dunia, demi mencegah terjadinya perang yang merugikan umat manusia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])