Inul Daratista Dikabarkan Meninggal Dunia

Nusantaratv.com - 06 Januari 2022

Inul Daratista. (net)
Inul Daratista. (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Kabar mengejutkan datang dari Inul Daratista. Pedangdut pemilik goyang ngebor itu dikabarkan mengalami kecelakaan maut hingga meninggal dunia.

Kabar yang diunggah di situs seputarberita[dot]xyz itu menuliskan artikel dengan judul "Selamat Jalan Untuk Selamanya Inul Daratista".

Dalam artikel itu, disematkan sebuah foto mobil berwarna putih yang sudah terbalik di jalan raya. Mobil itu tampak rusak cukup parah di bagian depan.

Mengutip Suara.com, berikut ini narasi yang dibagikan:

“Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Inul Daratista, InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Duk MnImut …”

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi kabar duka Inul Daratista meninggal dunia karena mengalami kecelakaan maut tidak benar.

Faktanya, foto di artikel itu adalah foto kecelakaan pada tahun 2018. Hal tersebut membuktikan jika foto itu tidak ada kaitannya dengan Inul Daratista.

Selain itu, Inul Daratista juga masih aktif bermain sosial media. Pada 5 Januari 2022, Inul masih mengunggah foto dirinya sedang bersantai di akun Instagram resminya.

Dalam unggahan tersebut, Inul mengucapkan selamat pagi kepada warganet dan membahas mengenai hoaks. Ia juga berdoa semoga dirinya dan warganet selalu diberikan kesehatan.

"Hello Netizen sayang, selamat pagi dan selamat berjulit. Jangan lupa sruput teh hangat dan roti manis, bikin hoaks nya nambah saya makin sehat. Semoga kita semua diparingi sehat nggih. Amin," tulis Inul dalam caption Instagram.

Sementara itu, isi artikel dalam berita Inul meninggal itu diambil dari cuplikan berita berjudul “Innalilahi.. Yuni Sarah Tewas Terseret Truk Tangki Minyak”. Artikel ini tayang di Sindonews.com pada 12 Oktober 2016.

Artikel itu kerap didaur ulang dalam beberapa hoaks artis meninggal lainnya yang sudah diperiksa faktanya. Sebagai contoh artikel berjudul “[SALAH] Artikel “Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Akang Sulle” dan juga “[SALAH] Kabar Duka Cita Innalilahi…!! ARIEL NOAH sampaikan berita Meninggal Dunia, Akibat Kecelakaan Maut?”

Lebih lanjut, foto mobil berwarna putih di artikel itu adalah foto kecelakaan pada tahun 2018. Foto itu dimuat di artikel berita berjudul “Mobil Kecelakaan di Wijaya Jaksel Hingga Terbalik” yang terbit di situs Detikcom pada 15 April 2018.

Dari penjelasan di atas, maka narasi kabar duka pedangdut Inul Daratista meninggal dunia karena mengalami kecelakaan maut adalah hoaks.

Narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])