Ini Strategi Jitu Kominfo Tangkal Serangan Hoaks

Nusantaratv.com - 23/10/2021 15:14

Ilustrasi kampanye perangi hoaks/ist
Ilustrasi kampanye perangi hoaks/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memiliki strategi jitu untuk menangkal serangan hoaks di semua platform digital.

Demikian dikatakan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kansong. 

"Dari hulu kita melakukan literasi digital agar masyarakat tidak mudah terjebak hoaks, menyebarkan hoaks. Kemudian di tengah, kita memiliki EA yang kita sebut AIS yang berfungsi mengcrowling, menjaring hoaks-hoaks, termasuk konten negatif seperti Pinjol Ilegal, perjudian, pornografi. Ada juga Tim yang menantau 24 jam medsos dan platform," kata Usman pada Sabtu (23/10/2021).

"Lalu masyarakat juga boleh melaporkan kepada Kominfo ada aduankonten.id," imbuhnya. 

Baca juga: Polisi: Dari Sebar Hoaks, Direktur TV Swasta Dapat Rp2 M

Untuk di hilir, sambung Usman, Kominfo melakukan langkah-langkah strategis mulai dari menguatkan kontra naras, memblokir situs, hingga berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dalam hal ini kepolisian untuk memproses pelaku hoaks. 

"Misalnya dalam kasus hoaks tentang vaksin saja itu ada 1400 hoaks. Itu nol yang dilakukan penegakan hukum. Semuanya hanya kita takedown. Kita bekerjasama dengan platform global. Pasti. Kenapa? Karena yang bisa mentakedown ya mereka," jelasnya mengutip tribunnewscom. 

"Kita tidak bisa mentakedown. Karena itu kita bekerjasama dengan mereka kita akan meminta mereka untuk mentakedown. Salah satunya yang terbaru Aktual TV sudah ditakedown dari YouTube, itu atas permintaan pemerintah," tutup Usman.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in