Ini Obat Alami dari Dapur untuk Atasi Radang Tenggorokan Hingga Flu

Nusantaratv.com - 08 November 2021

Ilustrasi Rempah Kering
Ilustrasi Rempah Kering

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Saat musim hujan tiba, beberapa penyakit seperti flu, batuk dan radang tenggorokan biasanya akan muncul karena udara dingin. Jika Anda mengalami hal ini, coba pergi ke dapur dan cari bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang diderita tersebut.

Kunyit, kayu manis hingga cengkih dan bawang putih dapat dipergunakan sebagai obat tradisional di rumah. Dan obat-obat herbal ini tidak memiliki efek samping karena tidak mengandung pengawet atau zat kimia.

Jadi untuk menghadapi serangan penyakit musiman tersebut dapat kita gunakan rempah-rempah yang ada di Dapur. Nah, berikut kita akan bahas beberapa penyakit yang tidak asing lagi bagi kita, dan cara pengobatannya yang sangat sederhana, alami dan tanpa khawatir menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Hati-hati! Jika Ada Bercak Putih di Lidah atau Alis Menipis, Pernah Mengalaminya

Obat flu dan pilek
Jika Anda mencari obat flu dan pilek yang membuat hidung tersumbat, larutan garam sederhana dapat membantu Anda bernapas dengan mudah.

Campur 200ml air hangat dengan tiga sendok teh garam dan satu sendok teh soda kue. Gunakan untuk hidung tersumbat dengan menggunakan jarum suntik karet lembut.

Ini biasa terjadi di musim dingin, karena pilek dan flu menyebabkan infeksi sekunder.

Bawang putih, dengan kekuatan anti-bakterinya yang kuat, bisa menjadi obat yang efektif. Cukup kunyah bawang putih mentah atau konsumsi dengan cara yang disukai. 

Rebus beberapa cengkeh segar dalam air selama lima menit, angkat dan hancurkan lalu tambahkan sedikit garam. Masukkan campuran ini ke dalam kain dan letakkan di telinga yang sakit. Jika rasa sakit berlanjut, temui dokter umum.

Baca Juga: Ini Penyebab Kencing Keluar Darah

Obat Sariawan di Lidah dan Bibir
Ada obat sariawan di lidah dan bibir yang Anda bisa gunakan dengan bahan yang ada di dapur, yaitu cuka apel. Sifat anti-bakteri dalam cuka sari apel membantu menghilangkan sariawan dengan cepat.

Campurkan satu bagian cuka dengan dua bagian air, celupkan kapas ke dalam larutan dan oleskan dengan hati-hati ke kulit yang terkena sariawan.

Obat Batuk Berdahak
Minum banyak air adalah kunci obat batuk berdahak, tetapi teh thyme dapat bekerja lebih cepat.

Teh ini memiliki antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan flavonoid yang mengurangi peradangan dan mengendurkan otot tenggorokan.

Buat teh yang menenangkan dengan menghancurkan dua sendok teh thyme dan rendam dalam air matang selama beberapa menit.

Obat Nyeri Sendi
Saat suhu turun, kompres dingin adalah obat nyeri sendi yang dianjurkan dokter untuk meredakan peradangan dan pembengkakan. Anda bisa menggunakan es, atau perlengkapan yang ada di dalam kulkas dalam bentuk membeku bahkan nugget yang masih di bungkus jika tidak ada alternatif lain.

Baca Juga: Mau Jalan-jalan? Ini 21 Spot Wisata Menarik di Jakarta

Obat Radang Tenggorokan
Lemon dan madu bisa menjadi pilihan Anda untuk obat radang tenggorokan, tetapi cobalah kunyit juga.

Bumbu yang kaya antioksidan adalah anti-inflamasi yang baik. Campurkan dua sendok makan dengan air hangat dan kumur.

Obat untuk Mengatasi Kelelahan
Kurangnya sinar matahari dapat menurunkan kadar hormon serotonin kita, membuat kita lesu lelah dan harus mencari obat mengatasinya. Coba Anda cek dapur Anda, apakah ada kayu manis?

Aroma kayu manis dapat meningkatkan energi gelombang beta di otak. Rebus batang kayu manis dalam panci berisi air dan hirup aromanya — para ilmuwan menemukan bahwa kayu manis dapat melawan rasa lelah hanya dalam 45 detik.

Obat Menghilangkan Ketombe
Kulit kepala kita lebih berminyak, menyebabkan ketombe dan kita harus tahu cara mengobatinya dengan cepat. Baunya mungkin tidak enak, tetapi cuka dapat membunuh bakteri ketombe.Campur cuka dan air dalam jumlah yang sama dan oleskan ke kulit kepala Anda satu jam sebelum mencuci rambut.

Itulah beberapa rempah yang ada di dapur yang bisa dipergunakan untuk membuat obat herbal. Namun kalau tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera pergi ke dokter. 

Sumber: ikutrame.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])