Ini Kelanjutan Kasus Gugatan Foto Bayi di Album Nirvana

Nusantaratv.com - 05 Januari 2022

Cover Album "Nevermind" Nirvana. (net)
Cover Album "Nevermind" Nirvana. (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Masih ingatkah Anda dengan album Nirvana bertajuk Nevermind? Ya, album kedua Nirvana itu dianggap sebagai salah satu album rock paling penting sepanjang masa. Lewat album ini pula Kurt Cobain didaulat menjadi ikon global dan revolusi musik tahun 90-an dimulai.

Album kedua Nirvana yang rilis pada 24 September 1991, menampilkan lagu-lagu grunge klasik seperti Come As You Are, Lithium, In Bloom dan lagu kebangsaan generasi X, Smells Like Teen Spirit.

Album kedua Nirvana itu memuat cover seorang bayi sedang berenang di sebuah kolam renang. Beberapa tahun setelah itu, bayi dalam cover album yang beranjak dewasa mengajukan gugatan dengan isi gugatan, eksploitasi secara seksual dengan meletakkan foto dirinya sebagai bayi telanjang.

Namun setelah beberapa kali persidangan, Hakim federal di Los Angeles telah menolak gugatan tersebut.

Reuters menulis, Hakim Distrik AS Fernando Olguin pada hari Senin (3/1) waktu setempat menolak gugatan setelah penggugat Spencer Elden melewatkan tenggat waktu untuk menanggapi mosi para terdakwa untuk membatalkan kasus tersebut.

Olguin memberi Elden waktu hingga 13 Januari untuk mengajukan aduan yang diubah guna mengatasi dugaan masalah yang diidentifikasi para terdakwa dalam kasusnya.

Seorang pengacara untuk Elden tidak segera menanggapi permintaan komentar pada hari Selasa (4/1).

Dalam gugatannya yang diajukan Agustus lalu, Elden, yang saat itu berusia 30 tahun, mengklaim bahwa dia telah menderita "kerusakan seumur hidup" dari sampul album, yang menggambarkan dia berenang telanjang menuju uang kertas dolar yang ditusuk dengan kail ikan.

Elden meminta ganti rugi setidaknya 150 ribu dolar AS dari masing-masing terdakwa, termasuk Universal Music Group, drummer Nirvana dan vokalis Foo Fighters Dave Grohl, bassis Nirvana Krist Novoselic, dan Courtney Love, janda vokalis Nirvana Kurt Cobain.

"Nevermind" adalah salah satu album terlaris yang pernah ada, dengan penjualan mencapai 30 juta di seluruh dunia. Ini menampilkan lagu ikonis Nirvana "Smells Like Teen Spirit".

Dalam mencari pemberhentian kasus Elden, para terdakwa mengatakan klaim Elden yang menyatakan foto tersebut merupakan pornografi anak, adalah "bukan masalah serius" di situasi tersebut.

Para terdakwa juga mengatakan Elden tidak dapat mengklaim sebagai korban setelah menghabiskan tiga dekade "mendapat keuntungan dari titelnya sebagai 'Bayi Nirvana'."

Elden sebagai orang dewasa juga telah membuat ulang foto tersebut, termasuk dengan tato "Nevermind" di dadanya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])