Ini Daftar 12 Nama Dubes yang Dilantik Jokowi

Nusantaratv.com - 17 November 2021

Presiden Joko Widodo. (BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Joko Widodo. (BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Setidaknya 12 duta besar (Dubes) bakal dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (17/11/2021).

Pelantikan 12 dubes yakni, M. Prakosa (Calon Dubes LBBP RI untuk Italia), Rudy Alfonso (Calon Dubes LBBP RI untuk Portugal), Ghafur Akbar Dharmaputra (Calon Dubes LBBP RI untuk Ukraina), Anita Luhulima (Calon Dubes LBBP RI untuk Polandia), Suwartini Wirta (Calon Dubes LBBP RI untuk Kroasia), Ina Krisnamurti (Calon Dubes LBBP RI untuk India).

Selanjutnya, Daniel Tumpal Simanjuntak (Calon Dubes LBBP RI untuk Kanada), Zuhairi Misrawi (Calon Dubes LBBP RI untuk Tunisia), Damos Agusman (Calon Dubes LBBP RI untuk Austria), Heru Subolo (Calon Dubes LBBP RI untuk Bangladesh), Gandi Sulistiyanto (Calon Dubes LBBP RI untuk Korea Selatan), dan Triyogo Jatmiko (Calon Dubes LBBP RI untuk Tanzania).

Pelantikan 12 dubes itu bersamaan dengan pelantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Selain itu, sejumlah pejabat juga akan dilantik Jokowi, yakni Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD).

Disebutkan Jokowi akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, di Istana Negara, Jakarta. "Pelantikan Panglima (TNI) insyaallah besok, hari Rabu (17/11)," ucap Jokowi disela-sela peresmian jalan tol Serang-Panimbang seksi I ruas Serang-Rangkasbitung di Gerbang Tol Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Selasa (16/11/2021), seperti dikutip dari laman presidenri.go.id, Rabu (17/11/2021).

Selain Panglima TNI, Jokowi juga akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta sejumlah dubes.

"Presiden juga akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala BNPB, dan 12 duta besar Republik Indonesia untuk negara sahabat. Pelantikan akan dilaksanakan Rabu, 17 November 2021 pukul 13.30 WIB di Istana Negara," tutur Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Dia menjelaskan posisi KSAD akan diisi oleh Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Sementara untuk Kepala BNPB, Presiden akan melantik Mayor Jenderal TNI Suharyanto yang saat ini menjabat sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])