Ini 52 HP Android-iPhone yang Tak Bisa WA Hari Ini

Nusantaratv.com - 01 November 2021

Ilustrasi ponsel. (Net)
Ilustrasi ponsel. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Aplikasi WhatsApp (WA) mulai hari ini, Senin (1/11/2021) tak bisa lagi digunakan di 52 ponsel yang menggunakan sistem Android 4.0.4 atau iPhone dengan iOS 4.

Handphone yang diblokir WhatsApp merupakan ponsel yang telah lawas. WhatsApp mengklaim penghentian dukungan untuk model lama ini guna menjaga aplikasi pesan instan itu tetap aman serta terlindungi.

Blokir tersebut dipastikan membuat lebih dari 50 tipe HP tersebut bakal kehilangan akses untuk menggunakan aplikasi perpesanan milik raksasa teknologi, Facebook tersebut.

Melalui situs resminya, WhatsApp menyebut hanya mengizinkan perangkat ponsel dengan sistem operasi minimal Android 4.0.4 atau pada iPhone dengan iOS 9 untuk tetap bisa mengakses aplikasi tersebut.

"WhatsApp tidak akan lagi mendukung ponsel Android yang menjalankan OS 4.0.4 atau yang lebih lama dari 1 November 2021. Ponsel Android Anda harus menjalankan OS 4.1 atau yang lebih baru," bunyi aturan WhastApp di situs resminya dikutip Senin (1/11/2021).

Walau begitu, hal ini tak membuat pengguna jadi tidak bisa menggunakan WhatsApp. Bila sistem Android atau iOS tak sesuai dengan standar minimum WhatsApp, pengguna sebenarnya tetap bisa menggunakan aplikasi. Namun, pengguna tersebut tidak mendapat pembaruan sistem keamanan dari perusahaan. Selain itu, pengguna juga tak bisa menggunakan fitur-fitur terbaru Whatsapp.

Di sisi lain, meskipun WhatsApp bakal memblokir 52 tipe ponsel, pengguna masih bisa memanfaatkan aplikasi tersebut namun tidak semaksimal ponsel yang masih mendapatkan dukungan. Whatsapp masih bisa dipakai namun ada 2 efek yang mungkin terjadi.

1. Tidak dapat fitur baru

Jika aplikasi Whatsapp di ponsel pengguna sudah tidak lagi memberi pembaruan keamanan, maka pengguna kemungkinan tak lagi bisa mendapat fitur-fitur teranyar yang akan diluncurkan Whatsapp.

Aplikasi Whatsapp di perangkat-perangkat ini kemungkinan menjadi tak kompatibel dengan berbagai fitur baru yang dikirim pengirim pesan.

2. Tak dapat pembaruan keamanan

Masalah yang lebih besar pada perangkat-perangkat lawas ini sebenarnya adalah tidak lagi mendapat dukungan keamanan. Sehingga, pengguna menjadi lebih rentan terhadap potensi serangan digital dari peretas ataupun malware.

Hacker atau peretas bisa masuk lewat celah keamanan yang tak lagi dilindungi oleh Whatsapp akibat penghentian dukungan. Sehingga, Whatsapp menyarankan pengguna ponsel-ponsel ini segera beralih ke model ponsel yang lebih baru.

Pengguna juga bisa mengecek sendiri apakah HP yang digunakan turut terkena imbas blokir dari WhatsApp atau tidak. Caranya, Anda dapat mengecek versi sistem operasi iPhone Anda dengan cara berikut;
1. Pilih Setting (Pengaturan)

2. Pilih General

 

3. Pilih About

Pengguna iPhone bisa menghindari pemblokiran ini dengan melakukan pembaruan sistem operasi mereka ke iOS terbaru.

Sedangkan untuk Android bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Pilih Setting (pengaturan),

2. Pilih About Phone (tentang ponsel) atau About Device (tentang perangkat),

3. Cek Versi Android (Android version) untuk menampilkan versi sistem operasi Android yang terpasang.

Berikut daftar HP yang diblokir WhatsApp:
Samsung:

1. Galaxy Trend Lite
2. Galaxy Trend II

3. Galaxy SII
4. Galaxy S3 mini

5. Galaxy Xcover 2

6. Galaxy Core

7. Galaxy Ace 2

LG:

1. Lucid 2

2. Optimus F7

3. Optimus F5

4. Optimus L3 II Dual

5. Optimus F5

6. Optimus L5

7. Best L5 II

8. Optimus L5 Dual

9. Best L3 II

10. Optimus L7

11. Optimus L7 II Dual

12. Best L7 II

13. Optimus F6, Enact

14. Optimus L4 II Dual

15. Optimus F3

16. Best L4 II

17. Best L2 II

18. Optimus Nitro HD

19. Optimus 4X HD

20. Optimus F3Q

ZTE:

1. ZTE V956

2. Grand X Quad V987

3. Grand Memo

Sony:

1. Xperia Miro
2. Xperia Neo L

3. Xperia Arc S

Alcatel:

1. Alcatel
Huawei:

1. Ascend G740

2. Ascend Mate

3. Ascend D Quad XL

4. Ascend D1 Quad XL

5. Ascend P1 S

6. Ascend D2

Archos:

1. Archos 53 Platinum

HTC:

1. HTC Desire 500

Caterpillar

1. Caterpillar Cat B15

Wiko:

1. Wiko Cink Five

2. Wiko Darknight
Lenovo:

1. Lenovo A820

UMI:

1. UMi X2

Xiaomi:

1. Run F1

THL:

1. THL W8

iPhone

Ponsel keluaran Apple yang tak lagi mendapat dukungan adalah perangkat iPhone dengan sistem operasi iOS 9 dan di bawahnya.

1. Apple iPhone SE

2. Apple iPhone 6S

3. Apple iPhone 6S Plus

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])