Ingin Beli Medali Olimpiade Tokyo? Ini Kisaran Harganya

Nusantaratv.com - 08 September 2021

ilustrasi medali emas
ilustrasi medali emas

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Banyak atlet dari berbagai negara kini tengah berjuang memperebutkan medali di Olimpiade Tokyo 2020. Mereka bersaing demi kalungan sebuah medali emas di podium kehormatan.

Ada tiga medali yang dipersiapkan oleh panitia Olimpiade, Medali emas, Perak dan Perunggu. Medali-medali ini didesain oleh seniman Jepang Junichi Kawanishi. Masing-masing medali, baik emas, perak dan perunggu memiliki diameter 85 milimeter dengan ketebalan berkisar dari 7,7 mm hingga 12,1 mm.

Mengutip dari Tempo.co, Rabu (4/8/2021), 92,5 persen material medali emas Olimpiade Tokyo 2020 terbuat dari perak, sisanya sekitar 6 gram baru dari emas, total beratnya 556 gram.

Sedangkan medali perak terbuat dari perak murni dan beratnya 550 gram. Dan medali perunggu beratnya 450 gram dan terbuat dari 95 persen tembaga dan 5 persen seng.

Dengan kandungan material seperti itu, kalau medali emas ini dijual akan berharga sekitar US$ 800 atau sekitar Rp11,5 juta. Sedangkan perak akan berharga US$ 450 atau Rp6,4 juta dan Perunggu sekitar US$ 5 atau Rp 72 ribu. Harga ini tentu tidak sebanding dengan perjuangan dan persiapan yang telah dilakukan oleh para atlet.

Dari catatan sejarah Olimpiade, satu-satunya medali emas yang terbuat dari logam emas murni adalah pada saat olimpiade tahun 1904 yang diadakan di St. Louis dan Olimpiade London pada tahun 1908.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])