Ilmuwan Kembangkan Pil Kontrasepsi Baru Diminum sebelum Berhubungan Seks, Ampuh Cegah Kehamilan

Nusantaratv.com - 18/05/2022 22:20

Ilustrasi wanita sedang meminum pil kontrasepsi/ist
Ilustrasi wanita sedang meminum pil kontrasepsi/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Para ilmuwan sedang mengembangkan pil kontrasepsi baru sejenis pil KB. Bedanya dengan pil KB lama, pil kontrasepsi baru ini dapat diminum sebelum berhubungan seksual. Berdasarkan hasil penelitian awal pil kontrasepsi baru ini berhasil mencegah kehamilan.

Pil kontrasepsi baru ini merupakan kombinasi dari ulipristal asetat, yang saat ini digunakan sebagai pil KB darurat, dan meloxicam inhibitor COX-2, sejenis obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Gabungan obat tersebut diyakini sangat efektif dalam menganggu ovulasi saat risiko kehamilan paling tinggi, yang dikenal sebagai kesuburan puncak.

Peniliti optimis gabungan obat ini dapat menjadi kandidat utama kontrasepsi on-demand yang berpotensi efektif untuk digunakan sebelum atau sesudah berhubungan seks, dan juga digunakan dalam keadaan darurat.

Sebuah studi yang melibatkan 9 wanita dirilis jurnal BMJ Sexual & Reproductive Health.

Meski demikian studi lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui tingkat keamanan dan efektivitasnya pada kelompok yang lebih besar.

Namun, hasil dari studi kecil ini tetap menjanjikan. Kombinasi ulipristal asetat dan meloxicam dapat menganggu ovulasi pada waktu risiko pembuahan paling tinggi.

"Menjadikannya kandidat yang menjanjikan untuk dievaluasi sebagai kontrasepsi pericoital," jelas peneliti, mengutip suaracom.

Bahkan temuan juga menunjukkan bahwa menambahkan meloxicam ke ulipristal asetat dapat meningkatkan efektivitas pil sebagai kontrasepsi darurat.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in