Idap Kelainan Langka Membuat Gadis 19 Tahun Ini Terlihat Seperti Masih Balita

Nusantaratv.com - 15/05/2022 14:50

Aboli Jarit gadis India yang terlihat seperti bocah karena mengidap kelainan langka/ist
Aboli Jarit gadis India yang terlihat seperti bocah karena mengidap kelainan langka/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Gara-gara mengidap kelainan langka, Aboli Jarit asal Najapur, India seorang gadis berusia 19 tahun terlihat seperti bocah perempuan yang usianya tidak lebih dari enam tahun. 

Alhasil banyak orang salah menduga usia Aboli.

Aboli memiliki tinggi sekitar 102 sentimeter dengan perawakan kurus, kulit mulus, serta wajah imut.

Kelainan yang terjadi pada Aboli yang membuatnya tidak tumbuh normal sesuai usianya, karena sejak bayi ia didiagnosis mengidap rakitis ginjal atau renal ricket. Untuk diketahui, rakitis ginjal atau renal ricket sebuah kondisi yang sangat langka gabungan dari penyakit ginjal kronis dengan kelainan bentuk tulang.

Aboli juga lahir tanpa kandung kemih, sehingga harus memakai popok sepanjang waktu karena urinnya terus mengalir.

Kelainan yang diidap Aboli membuat tulangnya semakin lemah seiring waktu, hingga akhirnya ia tidak bisa berjalan. Padahal, ia sangat suka menari sembari bernyanyi.

"Tidak banyak orang yang menderita penyakit langka ini, untungnya saya masih bertahan dan kebanyakan orang tidak bisa bertahan hidup dalam kondisi ini," terang Aboli.

Aboli tidak begitu senang dengan 'pujian' yang menyebut penampilannya terlihat seperti balita. Ia justru ingin dikenal karena bakatnya dalam menyanyi.

Mengutip Alodokter, rakitis merupakan kelainan pertumbuhan tulang pada anak yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D atau karena tubuh tidak dapat memproses vitamin D secara normal.

Kondisi ini membuat tulang menjadi lunak dan rapuh, sehingga mudah patah atau retak.

Karena itu perlu diketahui, ibu hamil yang kekurangan vitamin D berisiko menyebabkan bayinya terserang rakitis setelah lahir.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in