Hyundai Mobis Uji Coba Mobil Otonom di Incheon

Nusantaratv.com - 15 April 2024

Hyundai Mobis melakukan tes mengemudi otonom di Jembatan Incheon. (Foto: Hyundai Mobis via The Korea Herald)
Hyundai Mobis melakukan tes mengemudi otonom di Jembatan Incheon. (Foto: Hyundai Mobis via The Korea Herald)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Hyundai Mobis, produsen suku cadang mobil di bawah Hyundai Motor Group, mengatakan mereka akan mulai melakukan uji coba mengemudi otonom level 4 di Incheon, Korea Selatan (Korsel), pada bulan ini.

Hal itu guna mempercepat komersialisasi kendaraan tanpa pengemudi. Demikian dilansir dari The Korea Herald, Senin (15/4/2024).

Society of Automotive Engineers mengkategorikan mengemudi otonom dalam enam tingkat, mulai dari 0 hingga 5. Mengemudi otonom tingkat 4 mengharuskan kendaraan melakukan sebagian besar tugas mengemudi secara mandiri.

Produsen suku cadang mobil ini menandatangani nota kesepahaman dengan Zona Ekonomi Bebas Incheon dan Incheon Technopark untuk bekerja sama dalam mengembangkan perusahaan rintisan yang dapat berinovasi dalam mobilitas cerdas.

Menurut Hyundai Mobis, sekitar 20 startup, perusahaan mitra, lembaga penelitian, dan universitas akan berpartisipasi dalam proyek uji coba tersebut.

Berdasarkan nota kesepahaman tersebut, kendaraan uji tersebut akan dapat melaju di jalur sepanjang 60 kilometer yang mencakup wilayah perkotaan di Songdo dan Yeongjongdo hingga paruh pertama tahun depan. 

Hyundai Mobis memuji pemerintah kota Incheon karena mengizinkan perjalanan dalam kota. Hyundai Mobis juga menggarisbawahi jika ini akan menjadi kesempatan berharga untuk menguji teknologi mengemudi otonom dalam perjalanan kota, bukan jalan raya.

Produsen suku cadang mobil tersebut berencana mengamankan data penting dari berkendara di perkotaan, menempuh jarak jauh dengan harapan uji coba ini akan membantu memajukan solusi mengemudi otonomnya. 

Hyundai Mobis akan menerapkan teknologi komputasi yang telah dioptimalkan untuk mengemudi otonom level 4 dan memuat prosesor berkinerja tinggi yang dapat menggantikan puluhan unit mikrokontroler, yakni semikonduktor yang berperan mengendalikan kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])