HUT TNI ke-76, Wapres KH Ma'ruf Amin: Momentum Bersama Raih Kemenangan Lawan Pandemi Covid-19

Nusantaratv.com - 05 Oktober 2021

Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin menghadiri upacara peringatan HUT ke-76 TNI. (DAS/BPMI Setwapres)
Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin menghadiri upacara peringatan HUT ke-76 TNI. (DAS/BPMI Setwapres)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

"Alhamdulillah, hari ini saya mendampingi Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta," ujar Wapres KH Ma'ruf Amin, yang dikutip Nusantaratv.com dari akun Twitter resmi @Kiyai_MarufAmin, Selasa (5/10/2021).

Lebih lanjut, pria kelahiran Tangerang, Banten, 78 tahun silam itu mengatakan, HUT TNI sekaligus menjadi momentum meraih kemenangan melawan pandemi Covid-19 serta menjaga kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

"HUT TNI kali ini menjadi momentum kita bersama untuk meraih kemenangan melawan pandemi Covid-19 dan menjaga kedaulatan NKRI," tegas Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-7 (2015-2020).

Baca Juga: HUT TNI, Puan Harap Ada Peningkatan Kesejahteraan Prajurit

Dalam peringatan HUT TNI tahun ini tampak berbeda. Karena adanya pameran sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik negara di sekitar Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta Wapres KH Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin meninjau pameran alutsista. "Dalam rangka hari ulang tahun TNI yang ke-76, kita memamerkan alutsista kita dan ini juga sebagai sebuah bentuk transparansi kepada publik bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan-peralatan ini," ujar Presiden, dikutip dari laman wapresri.go.id, Selasa (5/10/2021).

Adapun beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yakni dua unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personnel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Selain itu, ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Kepala Negara berharap adanya pameran alutsista ini dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai peralatan alutsista yang dimiliki oleh TNI, khususnya peralatan yang jarang diketahui seperti peluncur roket Astros (Artillery Saturation Rocket System).

"Kita harapkan publik, masyarakat bisa tahu bahwa kita misalnya telah memiliki Astros. Astros ini sebanyak 56, ini roketnya bisa meluncur jarak 39 km," jelas Presiden.

Tampak hadir sejumlah pejabat negara, seperti Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])