Honda Minta Pemasok Suku Cadang Capai Emisi Nol Karbon Mulai 2050

Nusantaratv.com - 17 November 2021

Ilustrasi Honda. (Istimewa)
Ilustrasi Honda. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Honda Motor Co., telah meminta pemasok suku cadang utamanya untuk mencapai emisi nol karbon dioksida bersih mulai 2050.

Hal itu dikatakan sumber yang mengetahui permintaan tersebut, seperti dikutip dari Kyodo, Rabu (17/11/2021). Ini sekaligus menjadikan pabrikan itu sebagai produsen mobil pertama di Jepang yang meluncurkan rencana pengurangan jangka panjang untuk seluruh rantai pasokan.

Honda telah mengusulkan mulai dari tahun fiskal 2025 pemasok mengurangi emisi CO2 sebesar 4 persen setiap tahun dibandingkan dengan tahun fiskal 2019, kata sumber tersebut.

Setiap pemasok akan menetapkan target sesuai dengan ukuran dan produk perusahaannya, kemudian mengajukan rencana pengurangan menuju sasaran nol emisi 2050.

Honda telah mengatakan mereka akan menargetkan emisi nol bersih mulai 2050 dalam operasi perusahaannya, termasuk produksi dan penjualan.

Produsen mobil Jepang sedang mempertimbangkan untuk memberikan dukungan kepada pemasok suku cadangnya untuk memenuhi tujuan itu, seperti mengirim insinyur ke perusahaan, sambil meminta mereka untuk mengedepankan langkah-langkah dekarbonisasi sedini mungkin.

Upaya serupa juga telah dilakukan oleh produsen mobil Jepang lainnya. Toyota Motor Corp., telah meminta pemasok suku cadangnya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca mulai 2021 sekitar 3 persen dari tahun sebelumnya. 

Nissan Motor Co., juga telah memutuskan untuk meminta mitra bisnisnya untuk mengurangi sejumlah emisi CO2 mulai 2022 tergantung pada ukuran perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])