Hattrick! PDI Perjuangan Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik KIP

Nusantaratv.com - 26 Oktober 2021

Wapres Ma'ruf Amin dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, saat menyerahkan penghargaan yang sama pada 2019. (Net)
Wapres Ma'ruf Amin dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, saat menyerahkan penghargaan yang sama pada 2019. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - PDI Perjuangan terus berbenah dalam menjalankan praktik keterbukaan informasi partai sebagai kesadaran ideologis yang dinamis. Hasilnya, sebagai badan publik, partai berlambang kepala banteng menjadi satu-satunya partai politik yang meraih penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP), untuk kategori informatif, suatu kategori tertinggi yang ditetapkan KIP. 

Spesialnya, raihan ini berlangsung selama tiga tahun berturut-turut dalam keterbukaan informasi publik dari KIP.

Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, menanggapi Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 yang diserahkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 secara simbolis, melalui konferensi video hari ini. 

Adapun di kategori partai politik, untuk tahun ini, PDI Perjuangan bersama tiga parpol dengan klasifikasi Informatif. 

“Atas penganugerahan hari ini, untuk dicatat, PDI Perjuangan satu-satunya yang membuat sejarah penting, tiga kali berturut-turut dengan kategori tertinggi yakni kategori informatif,” ujar Hasto usai menerima delegasi Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Selasa (26/10/2021). 
 
Hasto mengatakan, melalui kepatuhan atas kebijakan dari KIP, PDI Perjuangan menata seluruh layanan informasi sebagai bentuk komitmen perjuangan dengan berbagai inovasi baru kepartaian. 

“Secara sistemik dalam penilaian itu menunjukkan ada inovasi selama pandemi yang tidak pernah berhenti. Berbagai pelatihan, bagian dari keterbukaan publik disampaikan. Kaderisasi secara online, pelatihan kepala daerah yang dinilai positif,” tutur politikus asal Yogyakarta itu. 
 
“Sepanjang masa pandemi Covid-19, konsentrasi utama PDI Perjuangan adalah membantu rakyat. Kader partai harus menghadirkan wajah kemanusiaan, melakukan sinergi koneksitas baik secara vertikal horizontal, dari hulu ke hilir untuk turun membantu rakyat tanpa pandang bulu,” sambungnya.

Hasto mengungkapkan, PDI Perjuangan meningkatkan pelayanan permintaan informasi dan dokumentasi dengan memanfaatkan layanan teknologi berbasis aplikasi digital yang mudah dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. 
 
Hasto menjelaskan, kantor Partai di seluruh Indonesia dijadikan pusat gerakan kemanusiaan pemberian vaksin gratis yang diutamakan kepada tenaga medis, kelompok rentan dan pelaku ekonomi kerakyatan. Penghijauan serentak yang dilakukan PDI Perjuangan melibatkan struktur partai, legislatif, kepala dan wakil kepala daerah, tokoh masyarakat, pemerhati lingkungan, dan seluruh elemen masyarakat. Kader diwajibkan menjaga sungai di daerahnya masing-masing dengan program penghijauan dari hulu ke hilir untuk menjaga dan menyelamatkan ribuan hingga jutaan mata air di seluruh Indonesia. 
 
Melalui berbagai kegiatan, kantor Partai dijadikan sebagai pusat kebudayaan. Berbagai inovasi yang dilakukan selama pandemi itu yang juga menjadi perhatian tim penilai dari KIP. 

“PDI Perjuangan melaporkan seluruh inovasi dan gerak politik kepada rakyat sebagai wujud tanggungjawab partai kepada kepercayaan rakyat. Sebagai partai ideologis, PDI Perjuangan bertekad menjadi partai politik yang terbuka dan berintegritas untuk menjaga Indonesia,” tandas Hasto. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])