Hari Ini, Jokowi Terima CEO Apple Tim Cook di Istana

Nusantaratv.com - 17 April 2024

CEO Apple Tim Cook. (Foto: Reuters)
CEO Apple Tim Cook. (Foto: Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menerima kunjungan Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook di Istana Merdeka Jakarta, pada Rabu (17/4/2024) pagi.

Dalam pertemuan itu bakal membahas kemungkinan investasi hingga regulasi raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu di Tanah Air. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pada Selasa (16/4/2024) mengonfirmasi pertemuan Jokowi dan Cook tersebut.

"Besok (hari ini) rencananya CEO Apple Tim Cook akan diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka jam 09.30 WIB," ujar Budi Arie melalui pesan singkat, seperti dikutip dari Antara.

Namun, dia belum bisa mengungkapkan secara detail terkait pertemuan Jokowi dan Cook. "Detailnya nanti tunggu pertemuan besok. Bagus untuk Indonesia karena negara kita menjadi bagian penting dari ekosistem kemajuan teknologi," ucap Budi Arie.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan ada kebijakan yang bakal diberlakukan Indonesia terhadap Apple menjelang kunjungan Cook ke Indonesia. 

Dia menyebutkan kebijakan yang diterapkan untuk Apple yakni pengimbangan (offset) Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN untuk produk-produk buatan Apple.

"Ya mudah-mudahan. Kalau dengan Apple kita sudah bicara cukup lama. Kita bicara ada kebijakan, saya tidak bilang ini kebijakan khusus. Tapi ada kebijakan yang kita keluarkan untuk Apple," sebut Agus Gumiwang.

Tak hanya investasi dan kebijakan, Agus Gumiwang juga menyebut pihak Apple juga sudah berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dari sisi sumber daya manusia (SDM) maupun segi infrastruktur.

"Mereka sudah membentuk tiga, sudah mau empat yang disebut dengan Apple Academy yang menurut pandangan saya output-nya cukup baik menghasilkan SDM brainware, menghasilkan inovasi-inovasi untuk aplikasi yang kemudian bisa digunakan di perusahaan-perusahaan lain," cetus Agus Gumiwang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])